Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam Pembelajaran PKN

Hasrah Hasrah(1*),

(1) Pendidikan IPS Kekhususan Pendidikan Hukum Dan Kewarganegaraan Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.10002

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, bertujuan untuk mengetahui: (1) pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam pembelajaran pendidikan dan kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Luwu Utara, (2) kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi di SMK Negeri 2 Luwu Utara dan (3) upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis teknologi komunikasi dan informasi di SMK Negeri 2 Luwu Utara. Fokus penelitian ini pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi, kendala yang dihadapi guru dan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis teknologi komunikasi dan informasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara berupa daftar pertanyaan, catatan lapangan, dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa: (1) Pemanfaatan teknologi  komunikasi dan informasi dalam pembelajaran PKn di SMKN 2 Luwu Utara adalah cukup baik dibuktikan dengan ketersedian fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang cukup memedai dan menunjang proses pembelajaran PKn di SMKN 2 Luwu Utara, dalalm pemanfatan teknologi komunikasi dan informasi umumnya mengunakan software dan hadrware yang tersedia dan dimanfaatkan dengan cukup baik dan optimal, (2) pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam pembelajaran PKn di SMKN 2 Luwu Utara memiliki kendala yakni fasilitas teknologi komunikasi yang kadang mengalami gangguan atau rusak  sehingga dapat menggangu jalannya proses pembelajaran PKn dan (3) guru diwajibkan membuat media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan dengan mengikuti warkshop, BIMTEK, atau seminar yang berkaitan dengan teknologi komunikasi dan informasi sehingga peserta didik mudah memahami materi ajar.


Keywords


Aplikasi, Pemanfaatan, Teknologi Komunikasi dan Informasi, Pembelajaran PKn

Full Text:

PDF

References


Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ardiansyah, Ivan. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung-Indonesia.

Bandura, A. 2001. Social Cognitive theory of Mass Communication. Media Psychology.

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT: Remaja Rosdakarya.

Daryanto, Media Pembelajaran Evolusi Pendidikan, Rineke Cipta, Jakarta 2010.

Dirman,Juarsih Cicih, Pengembangan Peserta Didik, Jakarta : PT. Rineke Cipta,2014

Hosnan, Dipl. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia

Hasbullah; Otonomi Pendidikan, Jakarta PT Rajawali Pers, 2010

Hamalik Oemar, Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara, 2008

Grant, A. E. & Meadows, J. H. 2010. Communication Technology Update and Fundamentals. 12th Edition. Focal Press.

Halpin,H. and Tuffield, M. 2010. Social web XG Wiki. World wide web consortium (W3C).

Kalasi, Rasmita. 2014. The impact of Social Networking on New age Teaching and Learning: An Overview. Journal of education & social policy vol.1.

KBBI, Cerdas berbahasa Indonesia, 2006, Penerbit : Erlangga..Jakarta, Penulis : Engkos Kosasih)

Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi: Perspektif, Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjadjaran

L. Tjokro, Sutanto. 2009. Presentasi yang Mencekam. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Marliany, Roesleny. 2010. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia

Moleong, Lexy. J,. Metode Penelitian Kualitatif; Remaja Rosdakarya Offset, Bandung; 2006

Musfah Jejen, 2010. Pendidikan Teknologi dan Informasi dan Komunikasi; Jakarta kencana;

Mulyana, Deddy. Imu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya. 2007

Nanang Martono, Perubahan Sosial Dalam Pendidikan, Reneka Cipta, Jakarta 2012

Usman, Basyiruddin. M. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Uno Hamzah, H.Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran, Bumi Aksara 2011.


Article Metrics

Abstract view : 2470 times | PDF view : 495 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: