SUMUR RESAPAN UNTUK MENGURANGI GENANGAN AIR DAN BANJIR

Hakim Duppa(1*),

(1) Universitas Pepabri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijfs.v3i1.4380

Abstract


Sumur resapan berfungsi untuk menampung air permukaan dari hujan dan kemudian meresapkan kedalam tanah untuk menjadi cadangan air tanah. Penelitian iniĀ  bertujuan untuk mengkaji berapa besar debit air limpasan hujan yang masuk kedalam sumur resapan unk mengurangi genangan air dan banjir akibat hujan suatu daerah. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif yaitu mengumpulkan teori dan data dari bebarapa sumber. Air hujan jatuh, meresap kedalam tanah, melalui dua tahapan yaitu infiltrasi, dan perkolasi. Infiltrasi merupakan proses meresapnya air ke lapisan tanah, dan dalam perjalanannya (perkolasi) ada yang sebagian menyimpang kearah samping menjadi air rembesan, sedangkan lainnya menuju ke arah air bawah tanah (ground water). Pada musim hujan debit aliran tinggi, namun sebaliknya pada musim penghujan debit rendah bahkan kering. Dalam pada itu, upaya menyimpan air pada musim hujan melalui teknologi resapan buatan merupakan cara yang efektif, untuk menekan besaran debit. Ketersediaan air tanah yang cukup (surplus), akan mengimbangi kekeringan pada musim kemarau dalam bentuk air aliran base flow.


Full Text:

PDF

References


Darcy. 1856. Kemampuan air mengalir pada rongga-rongga (pori) dalam tanah dan sifat-sifat yang memengaruhinya.

Djatmiko, dkk. 2001. Nilai permabilitas material berpori jauh lebih besar dari material tanah berpengaruh besar terhadap efektifitas resapan.UI, Jakarta.

Linsley dan Franzini. 1991. Pori-pori mempunyai perbedaan ukuran yang beraneka ragam, dari yang berupa celah-celah submikroskopis pada lempung dan serpih, hingga yang berupa gua-gua dan terowongan-terowongan pada batu kapur dan lava. Erlangga, Jakarta..

Taula. L dkk. 2001. Air yang merembes di dalam tanah mengalir mengikuti keadaan aliran laminer. Pengaliran air dalam tanah, Air Langga, Jakarta

Tiatmojo. dkk. 2002. Metode Numerik, Bea offset. Yokyakarta

Todd. 1980. Kapasitas resapan air suatu material dapat di gunakan oleh porositas yang merupakan kemampuan volume rongga dengan volume total batuan menurut .Kanasius. Jakarta

Triatmojo. Dkk. 2008. Kelebihan air menjadikan tanah jenuh sehingga terbentuklah genangan air (sungai, danau,empang, dll . UI. Jakarta.

Wahyono. 1999. Dengan sumur resapan maka luapan air permukaan dapat dikurangi dan mereduksi potensi banjir. Teknologi Konservasi Air Tanah dengan Sumur Resapan.bppt. Jakarta.

Yamin. 2010. Banjir merupakan bagian dari siklus hidrologi yaitu pada bagian air di permukaan bumi yang bergerak ke laut. ITS, Surabaya.


Article Metrics

Abstract view : 1381 times | PDF view : 1127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.