Perilaku Lentur Balok Beton pada Kombinasi Daerah Geser dan Tarik yang Menggunakan Material FRP sebagai Perkuatan Eksternal di Lingkungan Ekstrim

Asri Mulya Setiawan(1*), Andi Muhammad Nur Padli(2), Muhammad Yusuf Ali(3), Erniati Bachtiar(4), Violana Tandioga(5), Clara Nita Fitriany(6),

(1) Universitas Fajar
(2) Universitas Fajar
(3) Universitas Fajar
(4) Universitas Fajar
(5) Universitas Fajar
(6) Universitas Fajar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijfs.v6i2.18369

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kuat lentur balok beton yang diperkuat dengan FRP pada daerah tarik dan geser dengan jangka waktu perendaman selama 6 bulan dan menganalisis pola retak balok beton akibat beban maksimum. Metode pengujian yang digunakan yaitu metode pembebanan  monotonik yang menggunakan dua tumpuan sederhana diatas benda uji dan ditekan hingga balok beton mengalami keruntuhan. Pengujian dilakukan dengan total 24 buah balok beton dengan dimensi 10 cm x 12 cm x 60 cm yang direndam dengan air pada kolam simulasi selama 6 bulan. Perkuatan FRP dilapisi pada sepanjang daerah tarik dan geser balok beton dengan dimensi 35 cm x 60 cm. Adapun data yang diamati selama pengujian meliputi pola retak dan beban ultimit hingga balok beton hancur. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perkuatan CFRP pada kombinasi daerah tarik dan geser mampu meningkatkan kuat lentur balok beton sebesar 55,2% pada umur perendaman 28 hari dan 63,4% pada umur perendaman 180 hari (6 bulan) terhadap balok beton normal, sedangkan perkuatan GFRP pada kombinasi daerah tarik dan geser mampu meningkatkan kuat lentur balok beton sebesar 70,25% pada umur perendaman 28 hari dan 76,03% pada umur perendaman 180 hari (6 bulan) terhadap balok beton normal. Serta pola retak yang terjadi adalah retak lentur dan model keruntuhan yang terjadi pada balok beton yang diperkuat FRP adalah kegagalan lekatan.


Keywords


Kata Kunci : balok beton, FRP, kuat lentur, pola retak

Full Text:

PDF

References


Achmad K. (2017). Pengaruh Arah Serat Fiber Reinforced Polymer Terhadap Kuat Tekan Beton Normal Menggunakan Material Lokal Pasir Samboja di Wilayah Kalimantan Timur. Jurnal Teknologi Terpadu, Vol. 5 No.1 April 2017.

Alam Fikri. (2010). Perkuatan Lentur Balok Beton Bertulang dengan Glass Fiber Reinforced Polymer (GFRP-S). Seminar dan Pameran HAKI 2010: 1-12.

Amalah Waode, (2015). Perilaku Lentur Balok Beton Bertulang Yang Menggunakan Styrofoam. Tesis, Program Magister Universitas Hasanuddin, Makassar

Budiwirawan A. (2010). Penggunaan Carbon Fiber Reinforced Plate Sebagai Bahan Komposit Eksternal Pada Struktur Balok Beton Bertulang.

Bukorsyom Febby. (2011). Studi Perkuatan Lentur Balok Beton Bertulang Pasca Kerusakan Dengan Menggunakan Glass Fiber Reinforced Polimer Sheet, Tesis, Program Magister Universitas Hasanuddin, Makassar

Kwandou R. S. (2014). Simulasi Laboratorium Pengaruh Rendaman Air Laut Terhadap Kapasitas Rekatan GFRP-S Pada Balok Beton Bertulang.

Mulyadi. (2018). Pengaruh Penggunaan Carbon Fiber Sheet Terhadap Kekakuan Pada Balok Beton Bertulang. Genta Mulia, Vol. IX No. 1 Januari 2018..

Petrico I. (2014). Perbandingan Kekuatan Lentur Balok Beton Bertulang Dengan Menggunakan Perkuatan CFRP dan GFRP.

Setiawan A. M. (2015). Pengaruh Air Laut Terhadap Kuat Lentur Balok Beton Bertulang Dengan Perkuatan GFRP-S Yang Direndam Selama Satu Tahun. Tesis, Program Magister Universitas Hasanuddin, Makassar.

Setiawan A. M. (2018). Pengaruh Air Laut Terhadap Kapasitas Beban Pada Balok Beton Bertulang Yang Diperkuat Gfrp-S Dengan Perendaman Selama Satu Tahun. Indonesian Journal of Fundamental Sciences, Volume 4 No.2, Desember 2018:136-146.

Setiawan A. M. (2018). Studi Kapasitas Lendutan, Daktalitas, dan Kekuatan Pada Balok Beton Bertulang Yang Diperkuat GFRP-S Dengan Perendaman Air Laut Selama Satu Tahun. Indonesian Journal of Fundamental Sciences, Volume 5 No.2, Oktober 2019:112-121.

Sultan M. A. (2015). Pengaruh Air Laut Terhadap Karakteristik Balok Beton Bertulang Diperkuat Dengan GFRP-S.

Tjiudiningrat N. T.(2012).Studi Pengaruh Air Laut Terhadap Efektifitas Gfrp Sheet Sebagai Bahan Penguat Elemen Lentur, Skripsi, Program Sarjana Universitas Hasanuddin, Makassar.

Umar Irma, (2014). Studi Pengaruh Rendaman Air Laut Terhadap Kapasitas Balok Lentur Balok Beton Bertulang Yang Diperkuat GFRP-S. Tesis, Program Magister Universitas Hasanuddin, Makassar


Article Metrics

Abstract view : 283 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.