Pengembangan Sistem Informasi E-Rekrutmen dan Manajemen Karir Untuk Pemberdayaan Alumni pada Dunia Kerja dan Industri

Asep Indra Syahyadi(1*), Zulkarnaim Masyhur(2),

(1) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(2) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijfs.v6i2.16882

Abstract


Sistem informasi telah banyak digunakan oleh banyak organisasi dan institusi untuk beberapa tujuan. Salah satu tujuan utamanya adalah menyediakan sistem informasi penelusuran alumni dan manajemen karir. Ini penting karena sistem mengarah pada akreditasi yang lebih baik dan dokumentasi yang rapi. Selain itu, terdapat beberapa kemitraan antara jurusan informatika dengan perusahaan. Ini akan memberikan manfaat bagi mahasiswa dan alumni. Namun, belum ada cara konkrit untuk implementasi kerjasama tersebut. Apalagi jurusan informatika masih kekurangan data alumni dari awal jurusan berdiri sampai sekarang. Sehingga dengan merancang dan mengembangkan sistem e-recruitment dan career management, alumni dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya. Perusahaan juga bisa mendapatkan kandidat terbaik. Selain itu, diharapkan sistem ini juga dapat memberikan data lulusan yang lengkap dan dapat meningkatkan jumlah penyerapan alumni di dunia industri.

 


Keywords


Sistem Informasi, Karir, Alumni, E-Rekrutmen, Pelacakan Alumni

Full Text:

PDF

References


Annisa. (2015.) Perancangan Sistem Informasi E-Recruitment Karyawan Pada PT. SOS Indonesia, Jakarta Barat, Skripsi. STMIK Raharja Tangerang.

Arief R, dan Jatnika I. (2013). Analisis dan Desain Model Sistem E-Recruitment Pada Lembaga Pengembangan Komputerisasi, Konferensi Nasional Sistem Informasi.

Bartram, D .(2000). Internet Recruitment and Selection, Kissing Frogs to Find Princes, International Journal of Selection and Assessment, 8, 4, 261 - 274

Chapman, D. S. & Webster J. (2003). The Use of Technologies in the Recruiting, Screening, and Selection Processes for Job Candidates, International Journal of Selection and Assessment. 11, 2/3, 113 - 120.

Dewanto, I. J. (2004). System Development Life Cycle Dengan Beberapa Pendekatan. Jurnal FASILKOM Vol.2 No.1, 1 Maret 2004, 2(1).

Galanaki, E. (2002). The Decision to Recruit Online: A Descriptive Study, Career Development International. 7, 4, 243 – 251.

Jogiyanto, Hartono. (2015). Analisis & Desain Sistem informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Masese O, dan Kinange M. (2018). Effectiveness of E-Recruitment in Organization Development, Management and Economic Journal Page 294-301.

Mcleod, Raymond. (2001). Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT. Prenhallindo

O’Brein, James A. (2005). Pengantar Sistem Informasi, Penerbit : Salemba 4, Jakarta.

Parry, E. & Tyson, S. (2008). an Analysis of the Use and Success of Online Recruitment Methods in the UK, Human Resource Management Journal, 18, 3, 257 - 174.

Parry, E. (2006). Drivers of the Adoption of Online Recruitment: An Analysis Using Diffusion of Innovation Theory, Cranfield School of Management, 1 - 13.

Rahadi, D. Rianto. (2007). Peranan Sistem informasi dan teknologi informasi dalam Peningkatan Pelayanan di Sektor Publik. Seminar Nasional Teknologi 2007. Yogyakarta.

Tommy Septian Purnomo. (2013). Rekrutment Online (e-Recruitment) Sebagai Suatu Inovasi Dalam Perekrutan Perusahaan , Jurnal JIBEKA Volume 7 No 3 Agustus 2013 : 54-59.


Article Metrics

Abstract view : 379 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.