Pengembangan Potensi Wisata Sport Tourism di Air Terjun Nagari Dalko
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i2.70494
Abstract
Abstrak. Nagari Dalko adalah Nagari yang terdapat di kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, dari empat jorong yaitu Dama Gadang, Arikia, Lubuk Sao, dan Koto Panjang. Dibandingkan dengan nagari-nagari lain di Sumatera Barat, Nagari Dalko memiliki potensi wisata alam yang lebih besar, khususnya air terjun. Untuk memaksimalkan potensi wisata Nagari Dalko, perlu dilakukan upaya penyiapan sumber daya manusia yang siap mendukung potensi yang dimilikinya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para peserta di bidang pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), dan menggunakan film promosi untuk memasarkan potensi yang berhubungan dengan pariwisata. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode seminar dan workshop dengan cara memberikan pelatihan kepada masyarakat mitra pengabdian. Hasil dari proyek pengabdian masyarakat ini meliputi peningkatan pengetahuan dan kemampuan pertolongan pertama pada kecelakaan, yang diperkuat dengan peningkatan kemampuan masyarakat untuk memindahkan korban kecelakaan ke lokasi yang lebih aman dan peserta memperoleh lebih banyak pengetahuan dalam membuat produk video promosi yang digerakkan oleh ide dan konsep untuk membantu mem-branding objek wisata air terjun Nagari Dalko.
Kata Kunci: Air Terjun Dalko, Video Promosi, P3K
Full Text:
PDFReferences
Andri, J., Febriawati, H., Padila, P., Harsismanto, J., & Susmita, R. (2020). Nyeri pada Pasien Post Op Fraktur Ekstremitas Bawah dengan Pelaksanaan Mobilisasi dan Ambulasi Dini. Journal of Telenursing (JOTING), 2(1), 61-70.
BPS Agam, 2021. Kecamatan Tanjung Raya dalam Angka 2021. BPS Agam
Cahyawati, P. N., Saniathi, N. K. E., & Pradnyawati, L. G. (2021). Edukasi Prosedur Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Pada Kelompok Pemandu Wisata di Bali. Community Service Journal (CSJ), 4(1), 111-116.
Flikkema, M., Castaldi, C., de Man, A. P., & Seip, M. (2019). Trademarks’ relatedness to product and service innovation: A branding strategy approach. Research Policy, 48(6), 1340-1353.
Fitriana, R., Tarunajaya, W. B., & Akbar, K. (2021). Pelatihan protokol kesehatan bagi pemandu wisata pedesaan di kabupaten Belitung. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 608-616.
Setiawati, S. D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku usaha mikro kecil menengah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125-136.
Syafrianto, D., Sari, A. P., & Chaeroni, A. (2022). Pengembangan Potensi Wisata Sport Tourism di Kawasan Wisata Danau Talang Kabupaten Solok. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT OLAHRAGA DAN KESEHATAN (JASO), 2(2), 57-63.
Article Metrics
Abstract view : 46 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.