Pelatihan Pembuatan Video Pendek Menggunakan Capcut dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Guru Penggerak di SDN 004 Sungai Kunjang

Andi Asrafiani Arafah(1*), Sukriadi Sukriadi(2), Ririt Riyanti(3), Erika Jihan Trivinisa(4),

(1) Universitas Mulawarman
(2) Universitas Mulawarman
(3) Universitas Mulawarman
(4) Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i2.69583

Abstract


Abstrak. Mitra pada kegiatan pelatihan ini adalah SDN 004 Sungai Kunjang. pelatihan pembuatan video pendek menggunakan capcut bagi guru di SDN 004 Sungai Kunjang ini dilaksanakan untuk membantu guru yang ada di SD 004 Sungai Kunjang untuk memahami terkait penggunaan aplikasi capcut dalam pembuatan video pendek yang kreatif dan menarik bagi audiens yang melihat video tersebut, selain itu untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi dengan mudah untuk mengembangkan video yang lebih bervariasi, estetik, dan praktis. Pelatihan ini dilaksanakan selama satu hari dengan beberapa materi Pelatihan yang dibuka dengan materi pengenalan capcut dan fitur-fiturnya yang dilanjutkan dengan pembahasan terkait Implementasi Pembuatan Video dan Fitur-fitur capcut,  Penggunaan capcut dalam Pembuatan video pendek yang kreatif dan menarik. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini berupa pemberian materi (metode ceramah), diskusi, tanya jawab dan demonstrasi. Dalam pelatihan ini, guru-guru sebagai peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk berlatih secara langsung mengoptimalkan semua fiitur yang ada pada aplikasi capcut, khususnya untuk pengembangan video pendek yang kreatif,  praktis, serta interaktif adalah salah satu upaya dalam mewujudkan pendidikan yang kolaborasi serta proses pendidikan yang aktif.

 

Kata Kunci: Guru Penggerak, Editing Video, Aplikasi Capcut


Full Text:

PDF

References


Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 1(1), 332–337.

Damayanti, D., Asbari, M., & Zaharantika, A. (2023). Guru Penggerak: Pengembangan Pendidikan melalui Kepemimpinan Guru. JISMA: Journal Of Information Systems and Management, 3(2)(02), 5–10. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/895/163

Kusumadewi, R., Susilowati, N., Hariyani, L., & Nita, A. F. (2023). Peranan Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka Era Merdeka Belajar. Jurnal Impresi Indonesia, 2(8), 821–827. https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.2692

Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Nurdiansyah, D., Handayani, P., & Zabadi, F. (2023). Peningkatan Skill Editing Video Karangan Taruna Menggunakan Aplikasi Mobile Phone Capcut. Communnity Development Journal, 4(3), 5572–5580.

Pahmi, E. a. (2022). Using the Capcut Application as A Learning Media. Journal International Inspire Education Technology, 1(1), 40–51.

Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1–12.


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.