Cerdas Berkarya dengan Teknologi: Pelatihan Desain Grafis Mobile untuk Siswa SMA Negeri 1 Barru
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i2.68327
Abstract
Abstrak. Dalam era digital saat ini, desain grafis memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari komunikasi visual dalam dunia bisnis, pendidikan, hingga media sosial. Desain grafis yang menarik tidak hanya menjadi alat untuk menyampaikan informasi secara efektif tetapi juga merupakan sarana untuk membangun identitas dan daya tarik visual. Teknologi mobile telah mempermudah akses terhadap perangkat dan aplikasi desain grafis, sehingga siapa pun, termasuk siswa SMA, dapat menciptakan karya desain yang profesional dengan hanya menggunakan ponsel atau tablet. Pelatihan desain grafis berbasis mobile memberikan keterampilan yang relevan di abad ke-21, memungkinkan siswa memanfaatkan perangkat yang mereka miliki untuk berkreasi secara produktif. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman menyeluruh kepada siswa tentang konsep dasar desain grafis dan penerapannya. Mereka tidak hanya belajar teori, seperti prinsip komposisi, penggunaan warna, dan tipografi, tetapi juga mendapatkan pengalaman langsung menggunakan aplikasi seperti Canva dan Snapseed. Tahapan kegiatan meliputi persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan pendampingan. Setelah pelatihan, siswa berhasil mencapai beberapa hasil signifikan, yaitu: (1) pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip desain grafis, seperti keseimbangan, hierarki visual, dan pemilihan elemen desain yang tepat; (2) kemampuan teknis dalam menggunakan aplikasi desain berbasis mobile untuk menciptakan berbagai karya visual; serta (3) keterampilan dalam mengembangkan kreativitas dan menyelesaikan proyek desain yang relevan dengan kebutuhan sehari-hari. Melalui pelatihan ini, siswa tidak hanya belajar keterampilan praktis tetapi juga memahami potensi desain grafis sebagai aset penting dalam dunia digital yang terus berkembang.
Kata Kunci: Desain Grafis Berbasis Mobile, Pelatihan Kreativitas Siswa
Full Text:
PDFReferences
Alateya, A. A. G., & Baskaran, S. (2024). Crafting Success: A Strategic Exploration of Technical and Conceptual (Hard) Skills of Modern Social Media Managers. Business Management and Strategy, 15(2), 45-80. https://doi.org/10.5296/bms.v15i2.22057
Alfiansyah, A. (2024). Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan Berbasis Mobile: Sebuah Pendekatan Inovatif untuk Pendidikan. Journal Creativity, 2(1), 121-132.
Derevyanko, N., & Zalevska, O. (2023). Methods of introducing additive technologies into the educational process in the training of future graphic designers. Scientific Bulletin of Mukachevo State University. Series “Pedagogy and Psychology, 9(1), 69-79.
Ernestivita, G., Suhendra, E. S., & Stratan, A. (2024). Content Marketing in the Digital Age: Creating Engaging and Shareable Content that Captures Audience Attention. Management Studies and Business Journal (PRODUCTIVITY), 1(6), 937-950.
Iswandi, H. (2018). Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 3(3).
Li, F. M., Zhang, L., Bandukda, M., Stangl, A., Shinohara, K., Findlater, L., & Carrington, P. (2023). Understanding visual arts experiences of blind people. In Proceedings of the 2023 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 1-21).
Li, Y., & Xie, Y. (2020). Is a picture worth a thousand words? An empirical study of image content and social media engagement. Journal of marketing research, 57(1), 1-19.
Mitrović, K., Jakšić, A., & Spajić, J. (2020). The analysis of graphic design platforms used in social media marketing. In International Symposium on Graphic Engineering and Design (pp. 651-657).
Ramadhani, D., Kenedi, A., Synthia, R., & Prasetya, C. (2023). Pelatihan desain grafis bagi mitra koperasi mahasiswa. Monsu Ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 66. https://doi.org/10.32529/tano.v6i1.2293
Riswanto, A., Zafar, T. S., Sunijati, E., Harto, B., Boari, Y., Astaman, P., ... & Hikmah, A. N. (2023). EKONOMI KREATIF: Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sholeh, M., Rachmawati, R., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk ukm. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Widiawati, H., Budiawan, A., Thahir, M., Ulum, S., & Vebrianto, R. (2020). Pengembangan program reward (reading, writing, and art development) melalui pelatihan desain grafis untuk mewujudkan sekolah berbasis it pada smpn 1 kerinci kanan tahun 2020. Instructional Development Journal, 3(1), 27. https://doi.org/10.24014/idj.v3i1.9606
Wiraseptya, T., Sayuti, M., Afdhal, V., & Suardi, M. (2023). Meningkatkan keterampilan desain komunikasi visualdi sekolah kristen kalam kudus padang. Majalah Ilmiah Upi YPTK, 14-19. https://doi.org/10.35134/jmi.v30i1.142
Article Metrics
Abstract view : 31 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.