Pelatihan Kepemimpinan Perempuan Sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Perempuan pada Rapat Musrenbang di Desa Salenrang Rammang-Rammang
(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(6) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i2.68070
Abstract
Abstrak. Kegiatan ini adalah implementasi dari Program Kreativitas MahasiswaPengabdian Masyarakat yang bermitra dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Salenrang. Pelatihan ini melibatkan 20 orang perempuan dari desa Salenrang yang merupakan anggota dari organisasi tersebut. Minimnya partisipasi kelompok perempuan di Musrenbang Desa yang menjadi fokus masalah dari pengabdian ini. Isu ini dianggap penting sebab berdampak pada mistreatment perempuan serta hak kelompok perempuan yang seringkali tak dipenuhi dan bahkan tak disuarakan. Berangkat dari itu, disusun pelatihan kepemimpinan perempuan sebagai upaya meningkatkan partisipasi perempuan di Musrenbang Desa dengan cara meningkatkan kapasitas perempuan mengenai kepemimpinan. Pelatihan yang dilakukan menggunakan metode yang informatif, interaktif serta melibatkan aktivitas partisipatif. Hasil evaluasi dari pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan pada aspek pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan peserta.
Kata Kunci: Pelatihan, Kepemimpinan, Perempuan, PatriarkiFull Text:
PDFReferences
Bobbio, A., & Manganelli, A. M. (2009). Leadership self-efficacy scale. A new multidimensional instrument. Testing, Psychometrics, Methodology in Applied Psychology. 6 (1):3-24.
Damayanti, R., Istania, R., & Widjayanti, A. (2023). Evaluasi Kebijakan Kepemimpinan Perempuan Pedesaan dalam Mendukung Pembangunan Desa di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pembangunan dan Administrasi Publik. 5(1) 81-95.
Iqbal, M. F., Harianto, S., & Handoyo, P. (2023). Transformasi Peran Perempuan Desa dalam Belenggu Budaya Patriarki. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 20(1), 95-108. DOI: 10.36451/jisip.v20i1.13
Rosyana, M., & Jatiningsih, O. (2023). Peran Sekolah Perempuan dalam Mereduksi
Budaya Patriarki pada Keluarga Desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(2), 10301-10309. DOI: 10.31004/jptam.v7i2.7988
Saputra, K., & Azmi, A. (2021). Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan. Journal of Civic Education. 4(1), 57-65.
Syahputra, D. D., Bangun, M. B., & Handayani, S. M. (2023). Budaya Patriarki Dan Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan Di Desa Bontoraja, Kabupaten Bulukumba. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 608-616. DOI: 10.32923/kjmp.v6i2.4028
Article Metrics
Abstract view : 76 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.