PKM Pelatihan Bahasa Isyarat bagi Guru di SLB Negeri 1 Sidrap

Tatiana Meidina(1*), Usman Usman(2), Dwiyatmi Sulasminah(3), Zulfitrah Zulfitrah(4),

(1) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(4) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i2.67996

Abstract


Abstrak. Pelatihan bahasa isyarat bagi guru di SLB Negeri 1 Sidrap ini merupakan permasalahan mitra sebagai hasil diskusi dengan Kepala Sekolah dan merupakan upaya strategis dalam meningkatkan keterampilan komunikasi bukan hanya antara guru dengan siswa tunarungu tetapi  juga melibatkan orang tua siswa serta siswa berkebutuhan khusus lainnya. Kegiatan utama pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membekali guru dengan pengetahuan dasar dan keterampilan praktis dalam menggunakan bahasa isyarat, sehingga mereka dapat lebih efektif dalam mengajar dan berkomunikasi dengan siswa tunarungu. Sasaran pelatihan ini adalah guru-guru SLBN 1 Sidrap dengan harapan pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus tunarungu . Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode pelatihan meliputi pendekatan teoretis dan praktik langsung, yang mencakup pengenalan abjad, kosa kata dasar, serta teknik berkomunikasi dalam konteks pendidikan antara tim pengabdi dengan guru -guru di SLB Negeri 1 Sidrap bersama teman tuli dan siswa tuli menggunakan bahasa isyarat. Evaluasi yang diolah adalah hasil pre test dan pos test yang dilakukan terhadap guru yang berjumlah 18 orang. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah terjadinya peningkatan sebesar 89 % dengan presentase kenaikan antara 20 %- 90 %. Sedangkan 11 % guru tidak mengalami perubahan pengetahuan dan keterampilan bahasa isyarat kemungkinan kerena post test dilaksanakan di siang menjelang sore hari sehingga guru tersebut kurang fokus dalam menyelesaikan soal-soal post tes.

 

Kata Kunci: Bahasa Isyarat, Komunikasi, Tunarungu, Guru, SLB

Full Text:

PDF

References


Amka. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Sidoarjo. Nizamia Learning Center

A Davenport, C. and Alber-Morgan (2017). Effects of a picture racetrack game on the ex- pressive vocabulary of deaf preschoolers. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 22:1–10.

Christine, Jelyna. (2016). Pemerolehan Bahasa Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Nomor 2.

Haenudin S, P. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus dengan Hambatan Pendengaran. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Irdandi, Alfian.,Nasution, Helfi., Sukamto Anggi Srimurdianto. (2017). Perancangan Aplikasi Multimedia Untuk Pengenalan Bahasa Isyarat Bagi Anak Tunarungu Berbasis Android. Justin. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi. Vol. 5 No 4.

Purnami N. (2020) Gangguan pendengaran dan ketulian. Penanganan dasar untuk kesehatan telinga dan pendengaran. Surabaya: Airlangga University Press;.hal.5-7.

Suharsiwi. (2017). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta. CV Prima Print.

Sulthon. (2021). Pendidikan Anak Berkebutuhan khusus. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.