PKM Penerapan Pendekatan Physics is Fun bagi Guru IPA di Kabupaten Garut dalam Merancang Pembelajaran IPA Fisika yang Menyenangkan

Ika Mustika Sari(1*), Evi Rahmawati(2), Rizki Zakwandi(3), Alfiansah Sandion Prakoso(4), Adya Sa'dul Amien(5), Azzahra Salsabila(6), Winny Liliawati(7), Mimin Iryanti(8),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(5) Universitas Pendidikan Indonesia
(6) Universitas Pendidikan Indonesia
(7) Universitas Pendidikan Indonesia
(8) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i2.67210

Abstract


Pembelajaran fisika seringkali tidak efisien dan sulit dipahami peserta didik akibat dari ketidaktepatan guru dalam memilih pendekatan dan strategi pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak guru yang belum bisa menyesuaikan materi pembelajaran dengan karakteristik peserta didik dalam pemilihan pendekatan pembelajaran sehingga fisika terus terkesan sulit bagi peserta didik. Departemen Pendidikan Fisika UPI melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk kegiatan Workshop. Kegiatan Workshop yang bertema Physics is Fun ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi para guru sebagai bentuk pengembangan diri agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih baik dan menyenangkan karena pembelajarannya dikemas dengan menggunakan games, eksperimen, dan sebagainya. Empat tahap yang digunakan dalam kegiatan Workshop di antaranya perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sebanyak 33 guru yang mengikuti kegiatan memberikan respon positif dan memberikan penilaian 4,92 dari skala 5 sebagai bentuk kepuasan terhadap kegiatan. Workshop dengan tema Physics is Fun ini dapat meningkatkan kepercayaan diri guru dalam menyampaikan materi fisika agar bisa dipahami secara bermakna oleh peserta didik.

References


Arief, M. K., Handayani, L., & Dwijananti, P. 2012. Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta didik Rsbi: Studi Kasus Di RSMABI Se-Kota Semarang. Unnes Physics Education Journal,1,9.

Arifin, F, A,. Mufit, F,. & Asrizal. (2021). Validity And Practicality Of Interactive Multimedia Based On Cognitive Conflict Integrated New Literacy On Thermodynamic And Mechanical Waves Material For Class XI High School Students. Journal of Physics: Conference Series 1876 012052.

Arimbawa, P. A., Santyasa, I. W., & Rapi, N. K. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU FISIKA: RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajaran, 43-60.

Asga, A. R., Intania, A., Nurviana, A., Saputra, A. F., Muhamad, B. S., Wahyuni, D., . . . Vistara, I. (2023). Panduan Operasional Model Kompetensi Guru. Jakarta: Direktorat: Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknbologi Republik Indonesia.

Harun. (n.d.). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan. In Arsip Harun: Artikel Pengertian beberapa Istilah penting dalam proses pembelajaran.

Permatasari, I. A. (2021). Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sari, I. M., Medellu, N. C., Iryanti, M., & Liliawati, W. (2024). Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika melalui. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Aplikasinya (JPMSA), 18-22.

Suparno, P. (2013). Pendidikan Karakter dalam Pengajaran Fisika. Yogyakarta: Prosiding Pertemuan Ilmiah.

Wirawan, Z., Januarty, R., Yani, A., & Martawijaya, M. A. (2022). Humanisasi dalam Pembelajaran Fisika. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 612-620.

Yulianti, M. (2023). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SDN 117 REJANG LEBONG. Skripsi.


Article Metrics

Abstract view : 28 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.