Workshop Pemanfaatan Media Evaluasi Web - Quiz Berbasis Kahoot Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru Sejarah di Kabupaten Semarang

Putri Agus Wijayati(1), Andy Suryadi(2*), Atno Atno(3), Maulida Putri Fajar Utami(4), Rachmandika Lucky Fausi(5), Anjani Dwi Apriliana(6),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang
(6) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v5i2.66155

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru sejarah di Kabupaten Semarang melalui pemanfaatan media evaluasi berbasis web-quiz menggunakan Kahoot. Di era Revolusi Industri 4.0, penggunaan teknologi dalam pembelajaran sangat penting, terutama untuk pelajaran sejarah yang kerap dianggap monoton. Workshop ini dirancang untuk memperkenalkan dan mendampingi para guru dalam mengintegrasikan media edutainment, khususnya Kahoot, ke dalam pengajaran mereka. Hasil dari workshop ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan antusiasme guru dalam menggunakan Kahoot sebagai media pembelajaran sejarah, serta respons positif dari para siswa terhadap metode ini. Kegiatan ini berhasil melibatkan 24 guru dari berbagai sekolah di Kabupaten Semarang, dengan dukungan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah setempat. Keberhasilan kegiatan ini mendorong perlunya pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan teknologi untuk pendidikan sejarah di masa depan.


Full Text:

PDF

References


Absor, Nur Fajar. 2020. “Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan Dan Peluang Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19.” CHRONOLOGIA 2(1):30–35. doi: 10.22236/jhe.v2i1.5502.

Ahyani, Nur. 2014. “Kemampuan Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Sejarah.” in Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2014. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Asimeng‐Boahene, Lewis. 2007. “Creating Strategies to Deal with Problems of Teaching Controversial Issues in Social Studies Education in African Schools.” Intercultural Education 18(3):231–42. doi: 10.1080/14675980701463588.

Banks, James A. 2006. Race, Culture, and Education. Routledge.

Bicen, Huseyin, and Mobina Beheshti. 2017. “The Psychological Impact of Infographics in Education.” BRAIN – Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscienc 8(4):99–108.

Byford, Jeff, Sean Lennon, and William B. Russell. 2009. “Teaching Controversial Issues in the Social Studies: A Research Study of High School Teachers.” The Clearing House 82(4):165–70.

Hartono, Yudi. 2011. “PEMBELAJARAN YANG MULTIKULTURAL UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA.” AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA 1(1). doi: 10.25273/ajsp.v1i1.125.

Hasan, Said Hamid. 2012. “Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter.” Paramita: Historical Studies Journal 22(1). doi: 10.15294/paramita.v22i1.1875.

Hikmah, Noor, Ika Widya Kusumastuti, and Hamdan Tri Atmadja. 2017. “Upaya Meningkatkan Minat Membaca Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Infografis Pada Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Profesi Keguruan 3(2):175–82.

Öztürk, İbrahim Hakkı. 2011. “Problem of Anachronism in History Teaching: An Analysis of Fictional Texts in Social Studies and History Textbooks.” Journal of Social Studies Education Research 2(1):37–58.

Rachman, Fauzi, and Yuliani Sri Widowati. 2018. “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL LABORATORIUM SEJARAH RUMAH ARCA SEBAGAI UPAYA PENGENALAN SEJARAH LOKAL.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 1(2). doi: 10.32585/jkp.v1i2.28.

Suryadi, Andy. 2012. “Pembelajaran Sejarah Dan Problematikanya.” Historia Pedagogia 1(1):74–84.

Sutimin, Leo Agung. 2019. “Development of Students’ Knowledge of History: Acceptance and Rejection of the Indonesia-Malaysia Confrontation Narratives.” Journal of Social Studies Education Research 10(2):290–307.

Syaifulloh, Muhammad, Basuki Wibowo, and Siswandi. 2014. “Pemanfaatan Laboratorium Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Semester III STKIP PGRI Pontianak.” Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 1(1):59–72.

Wineburg, Sam. 2018. Why Learn History (When It’s Already on Your Phone). Chicago: The University of Chicago Press.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.