Peningkatan Pemahaman Guru SD terkait Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Program Pencegahan Bullying

Farida Aryani(1*), Muhammad Rais(2), Sinta Nurul Oktaviana Kasim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i1.46646

Abstract


Abstrak.  Bullying adalah perilaku agresi yang dilakukan secara sengaja dari satu orang ke orang lain, atau satu kelompok ke kelompok lainnya karena adanya perbedaan kekuasaan yang dilakukan terus menerus dan berpotensi untuk terjadi berulang kali. Masalah yang dibahas dalam pengabdian ini adalah (1) apa itu bullying, jenis-jenis bullying, dan faktor penyebab perilaku bullying (2) dampak perilaku bullying dan cara merespon perilaku bullying (3) metode mencegah dan mengatasi perilaku bullying, serta mekanisme pencegahan dan penanganan perilaku bullying di sekolah. Sasaran pengabdian ini adalah guru-guru SD se-Indonesia. Metode yang digunakan adalah workshop, diskusi, curah pendapat, dan tantangan project. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini adalah meningkatnya pemahaman peserta mengenai (1) perilaku bullying, jenis-jenis bullying, dan faktor penyebab perilaku bullying (2) dampak-dampak perilaku bullying pada siswa dan cara merespon perilaku bullying (3) metode mencegah dan mengatasi perilaku bullying, serta sekolah memiliki mekanisme pencegahan dan penanganan perilaku bullying di sekolah sehingga sikap empati dan kepekaan guru dan siswa lebih meningkat lagi dan menciptakan sekolah yang aman dan nyaman bagi siswa.

 

Kata Kunci: Perilaku Bullying, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Bystander Bullying, Empati, Anti-Bullying.


Full Text:

XML

References


Ahmad, N., Muslimin, A. A., & Sida, S. C. (2022). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar Sulawesi Selatan. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1318–1333.

Ananda, S. T., & Matnuh, H. (2023). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Banjarmasin sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan: Analysis of P5 Activities at SMA Negeri 4 Banjarmasin as the Application of Differentiated Learning in the Indep. PROSPEK, 2(2), 171–180.

Bandura, A., & Walters, R. H. (1977). Social learning theory (Vol. 1). Englewood cliffs Prentice Hall.

Craig, W., Boniel-Nissim, M., King, N., Walsh, S. D., Boer, M., Donnelly, P. D., Harel-Fisch, Y., Malinowska-Cieślik, M., de Matos, M. G., & Cosma, A. (2020). Social media use and cyber-bullying: A cross-national analysis of young people in 42 countries. Journal of Adolescent Health, 66(6), S100–S108.

Damayanti, P. D. S., Handayani, F., Ramahwati, Y., Cahyani, A. D., & Tilova, M. H. (2023). Peranan Psikologi Pendidikan untuk Pencegahan Perundungan Siswa Sekolah Dasar. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 1–9.

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39–48.

Joseph, S. (2021). Social Learning Theory Application on Bullying Phenomenon. Journal of International Business Research and Marketing, 6(6), 7–12.

Limber, S. P., Olweus, D., Wang, W., Masiello, M., & Breivik, K. (2018). Evaluation of the Olweus Bullying Prevention Program: A large scale study of US students in grades 3–11. Journal of School Psychology, 69, 56–72.

Lusiana, S. N. E. L., & Arifin, S. (2022). DAMPAK BULLYING TERHADAP KEPRIBADIAN DAN PENDIDIKAN SEORANG ANAK. Kariman: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 10(2), 337–350.

Muntasiroh, L. (2019). Jenis-Jenis Bullying dan Penanganannya di SD N Mangonharjo Kota Semarang. Jurnal Sinektik, 2(1), 106–116.

Ningrum, R. E. C., Matulessy, A., & Rini, R. A. P. (2019). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan regulasi emosi dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 15(1), 124.

Olweus, D., & Limber, S. P. (2018). Some problems with cyberbullying research. Current Opinion in Psychology, 19, 139–143.

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di sekolah: Kurangnya empati pelaku bullying dan pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237–246.

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573.

Rumjaun, A., & Narod, F. (2020). Social Learning Theory—Albert Bandura. Science Education in Theory and Practice: An Introductory Guide to Learning Theory, 85–99.

Saputra, T. A., & Amnar, Z. (2022). Konseling Individual untuk meningkatkan konsep diri korban Bullying di Sekolah. Counselle| Journal of Islamic Guidance and Counseling, 2(2), 156–167.

Setiowati, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2020). Strategi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengatasi perilaku bullying. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2).

Visty, S. A. (2021). Dampak bullying terhadap perilaku remaja masa kini. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58.

Yang, C., Chan, M.-K., & Ma, T.-L. (2020). School-wide social emotional learning (SEL) and bullying victimization: Moderating role of school climate in elementary, middle, and high schools. Journal of School Psychology, 82, 49–69.


Article Metrics

Abstract view : 207 times | XML view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.