Pelatihan Peningkatan Pemahaman Hasil Psikotes melalui Focus Group Discussion Siswa pada Orangtua Siswa

Akhmad Harum(1*), Muhammad Anas(2), Abdullah Sinring(3), Suciani Latif(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i1.46472

Abstract


Abstrak.  Kegiatan ini bertujuan untuk membantu orangtua dan guru dalam memahami hasil psikotes yang dilakukan dan bisa dimanfaatkan sebagai Pengembangan potensi bakat minat siswa. Pelatihan ini dilakukan dengan melalui 4 tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan observasi.  Pelatihan ini diikuti oleh orang tua dan guru dan jenjang SD dan TK yang berjumlah SD 17 dan TK 15 orang. Hasil pelatihan ini diperoleh bahwa sebanyak 15 orang Peserta pada jenjang TK dan 17 padda jenjang SD pelatihan dalam hal ini orang tua dan membutuhkan pelatihan dengan presentase 100% dimana harapannya bisa membantu memahami hasil psikotes yang telah ada. Selanjutnya pada para orangtua dan guru belum memahami sepenuhnya makna hasil psikotes yang ada dengan presentase 85% terlebih pada kegunaan hasil psikotes para peserta belum memahami kegunaan hasil psikotes yang ada sehingga mereka bingung mau membuat rekomendasi seperti apa pada anak. Pelaksanaan FGD dimulai dengan pemberian materi terkait hasil psikotes dan dilanjutkan diskusi mengenai hasil psikotes yang orangtua telah peroleh. Sehingga berdasarkan respon peserta ternyata diperoleh bahwa orang tua dan guru sangat antusias dan menggangap bahwa kegiatan ini sangat bermafaat bagi mereka dengan data hamper semua orang tua mengatakan sangat bermanfaat.

 

Kata Kunci: Psikotes, FGD, Orang tua


Full Text:

PDF

References


Affandi, G. R., & Mariyati, L. I. (2018). Uji Validitas Bender-Gestalt Test dengan Menggunakan Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) sebagai Kriteria untuk Mendeteksi Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 2(2), 84. https://doi.org/10.20473/jpkm.v2i22017.84-95

Nurussakinah Daulay. (2014). Implementasi Tes Psikologi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 21(2), 402–421.

Pedhu, Y. (2020). Isu-isu Etika Penggunaan Tes Psikologi dalam Bimbingan Konseling. Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020. Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/bk3/article/view/312

Pitaloka, R. A. (2022). Tinjauan Epistemologi Implementasi Tes Psikologi Dalam Bidang Pendidikan. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 3(2), 70. https://doi.org/10.24014/pib.v3i2.16314

Sukardi, D & Kusmawati, D. (2009). Analisis Tes Psikologis Teori & Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwartono, C. (2020). Alat tes psikologi konteks Indonesia: Tantangan psikologi di era MEA. Jurnal Psikologi Ulayat, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.24854/jpu37


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.