PKM Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan Metode Fermentasi Pada Kelompok Pembuat Minyak Kelapa Kelurahan Walennae Kecamatan Sabbangparu

Sumiati Side(1*), Suriati Eka Putri(2), Diana Eka Pratiwi(3), Muhammad Iskandar Musa(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v4i1.46360

Abstract


Abstrak. Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan minyak kelapa murni yang dibuat tanpa melalui tahapan pemanasan. VCO memiliki kandungan asam lemak rantai sedang atau medium chain fatty acids (MCFA) yang mudah terurai di dalam tubuh. Selain itu, VCO juga mempunyai kandungan antioksidan sehingga dapat dikonsumsi langsung untuk kesehatan masyarakat. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan VCO dengan metode fermentasi menggunakan ragi roti pada Kelompok Pembuat Minyak Kelapa Kelurahan Walennae Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara anggota kelompok (mitra) belum mengetahui mengenai produk VCO. Dengan demikian, kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi pengenalan VCO yang dilanjutkan dengan diskusi dan praktek pembuatan VCO dengan metode fermentasi. Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan mitra sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena merupakan pengetahuan baru dan dapat membantu meningkatkan pendapatan mitra karena harga jual VCO yang dikenal cukup mahal. Dengan pengetahuan mengenai cara pembuatan VCO dengan metode fermentasi, maka mitra mempunyai alternatif produk yang dapat diproduksi dan dipasarkan selain minyak kelapa.

 

Kata Kunci: Minyak kelapa, fermentasi, VCO


Full Text:

PDF

References


Dwi Sutanto, Teja Dwi, Devi Ratnawati, and Agus Martono HP. 2021. “Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Dengan Metode Enzimatis Dan Fermentasi.” Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES) 1(1): 6–9.

Emilia, Ita, Yunita Panca Putri, Dewi Novianti, and Melly Niarti. 2021. “Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Dengan Cara Fermentasi Di Desa Gunung Megang Kecamatan Gunung Megang Muara Enim.” Sainmatika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 18(1): 88.

Perdani, Claudia Gadizza, Maimunah Hindun Pulungan, and Siti Karimah. 2019. “Pembuatan Virgin Coconut Oil ( VCO ) Kajian Suhu Inkubasi Dan Konsentrasi Enzim Papain Kasar Virgin Coconut Oil ( VCO ) Production : Incubation Temperature and Crude Papain Enzyme Concentration.” Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri 8(3): 238–46.

Putri, Suriati Eka, Ramdani Ramdani, and Pince Salempa. 2019. “Peningkatan Produksi Minyak Kelapa Dengan Cara Fermentasi Di Kabupaten Bulukumba.” Dedikasi 21(1): 26–29.

Side, Sumiati, Suriati Eka Putri, and Muhammad Iskandar Musa. 2022. “Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa Dengan Metode Fermentasi Menggunakan Mesin Pemeras Santan Untuk Meningkatkan Pendapatan Kelompok Pembuat Minyak Kelapa Kelurahan Walennae Kecamatan Sabbangparu.” 2(2): 80–86.

Susanto, Tri. 2012. “Kajian Metode Pengasaman Dalam Proses Produksi Minyak Kelapa Ditinjau Dari Mutu Produk Dan Komposisi Asam Amino Blondo.” Jurnal Dinamika Penelitian Industri 23(2): 124–30.

Winarti, Sri et al. 2007. “PROSES PEMBUATAN VCO (Virgine Coconut Oil) SECARA ENZIMATIS MENGGUNAKAN PAPAIN KASAR VCO (Virgine Coconut Oil) Preparation by Enzymatic Method Using Crude Papain.” Jurnal Teknologi Pertanian 8(2): 136–41.


Article Metrics

Abstract view : 190 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.