PKM Peningkatan Keterampilan Pengajaran Bagi Dosen Unismuh Makassar Melalui Pelatihan Attractive Learning Strategy

Resekiani Mas Bakar(1*), Rahmawati Syam(2),

(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i2.40866

Abstract


Abstrak. Era revoulusi industri 4.0 memberikan banyak tantangan kepada masyarakat  termasuk para pendidik terutama dosen agar mampu menyesuaikan proses pembelajaran dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Metode pembelajaran monoton dengan hanya menggunakan power point biasa memiliki beberapa keterbatasan, yaitu proses pembelajaran menjadi membosankan dan dosen sulit mempertahankan perhatian mahasiswa. Dosen memerlukan strategi yang tepat dengan memanfaatkan hasil teknologi agar dapat mengembalikan suasana pembelajaran interaktif bagi mahasiswa. Penyesuaian strategi pembelajaran interaktif dan era revolusi industri 4.0 merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran efektif, sehingga layanan aplikasi hasil teknologi yang mendukung attractive learning strategy perlu diketahui. Tujuan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan peserta untuk menerapkan attractive learning strategy dalam proses pembelajaran. Peserta yang mengikuti kegiatan PKM ini merupakan dosen Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Makassar dari berbagai prodi/jurusan berjumlah 25 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan attractive learning strategy adalah ceramah, focus group discussion, simulasi, dan praktik langsung oleh peserta. Evaluasi dilakukan diakhir kegiatan agar mengetahui efisiensi pelatihan attractive learning strategy yang telah dilakukan.  Hasil dari evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa 92% peserta mengakui memperoleh pengetahuan dan memiliki keterampilan baru dalam menerapkan attractive learning strategy serta 64% mitra berharap akan diadakan kegiatan serupa selanjutnya.

 

Kata kunci: Attractive Learning, Dosen, Teknologi


Full Text:

PDF

References


Huda, M. (2016). Pembelajaran berbasis multimedia dan pembelajaran konvensional: Studi komparasi di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri. Jurnal Penelitian, 10(1), 125-146. doi: 10.21043/jupe.v10i1.1333.

Kyriacou, C. (2009). Effective teaching in school: theory and practice (3rd ed). United Kingdom: Stanley Thornes Publisher Ltd.

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Sari, L. P. (2012). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 42(2), 99-109. doi: 10.21831/jk.v42i2.2236.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas, Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. 1(1). 20-30.


Article Metrics

Abstract view : 103 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.