PKM Kebersyukuran untuk Meningkatkan Regulasi Diri pada Siswa SMA 10 Jeneponto

M. Ahkam Alwi(1*), Ahmad Razak(2),

(1) Fakultas Psikologi , Universitas Negeri MakassarMakassar
(2) Fakultas Psikologi , Universitas Negeri MakassarMakassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i2.40864

Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah SMA Negeri 10 Kabupaten Jeneponto. Permasalahan yang ada adalah (1) siswa belum fokus dalam proses belajar mengajar (2) Ketidakmampuan megelola emosi.Metode yang digunakan adalah ceramah interaktif dan role play dengan beberapa tahapan yaitu (1) memberikan skala regulasi diri kepada peserta, untuk mengetahui regulasi diri siswa sebelum dilakukan program kegiatan., (2) peserta yang memiliki rasa syukur  rendah yang akan dijadikan sebagai peserta program kegiatan, (3) Memberikan penjelasan tentang kebersyukuran, kemanfatan kebersyukuran, (4) Peserta diberikan waktu selama 15 menit untuk menuliskan 5 pengalaman yang disyukuri setiap hari, pengalaman yang lebih khusus disertai dengan penjelasan tentang pengalaman yang dituliskan. Kegiatan ini lakukan setiap hari dengan menuliskan dibuku catatan, (5) Peserta mengungkapkan rasa syukur yang telah dituliskan pada buku catatan (6)  Memberikan skala regulasi emosi. Hasil yang dicapai adalah (1) terdapat peningkatan regulasi diri pada siswa setelah mendapatkan pelatihan kebersyukuran, (2) siswa antusias mengikuti pelatihan ini. 

Kata kunci: siswa,kebersyukuran, regulasi diri

Full Text:

PDF

References


AHKAM A, M. (2004). Hubungan antara efikasi-diri dan religiusitas dengan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa. (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Alwi, M. A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. A. F. (2020). Support Related to Schools and School Well-Being: Self Esteem as Mediator. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i2.42869

Boekaerts, M. (1996). Self-regulated Learning at the Junction of Cognition and Motivation. European Psychologist, 1(2), 100–112. https://doi.org/10.1027/1016-9040.1.2.100

Fredrickson, B. L. (2001). The role of positive emotions in positive psychology: The broaden-and-build theory of positive emotions. American Psychologist, 56(3), 218–226.

Hasbi, F. I., & Alwi, M. A. (2022). Kontribusi Dukungan Sosial terhadap Hardiness pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Talenta Mahasiswa, 2(2), 92–101.

Istiqomah, N., & Alwi, M. A. (2022). Seӏf-Esteem dan Subjective Weӏӏ-Being pada Siswa SMA. Jurnal. Jurnal Talenta Mahasiswa, 2(2), 21–32.

McCullough, M. E., Tsang, J., & Emmons, R. A. (2004). Gratitude in intermediate affective terrain: Links of grateful moods to individual differences and daily emotional experience. Journal of Personality and Social Psychology, 86(2), 295–309. https://doi.org/10.1037/0022-3514.86.2.295

Monique Boekaerts, Paul R Pintrich, M. Z. (2000). The Role of Goal Orientation in Self-Regulated Learning. Handbook of Self-Regulation, 451–502. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780121098902500433


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.