Pelatihan Genogram Bagi Guru BK di SMK Negeri 1 Polewali Kabupaten Polman

Farida Aryani(1*), Suciani Latif(2), Muhammad Rais(3), Purwaka Hadi(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i2.40327

Abstract


Abstrak. Mitra pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Asosiasi Bimbingan dan Konseling (ABKIN) Kabupaten Polewali Mandar. Permasalahan mitra diantaranya adalah (1) belum terlaksananya layanan bimbingan karier yang efektif  sehingga menyebabkan siswa mengalami kebingungan dalam memilih karier, (2) kurangnya keterampilan guru BK dan kesadaran pentingnyan semangat dan kebahagiaan atau kesejahteraan diri dalam potensi pekerjaan. Sasaran pengabdian ini adalah (1) Melatih guru BK menggunakan teknik genogram (2) Melaksanakan pendampingan bagi guru BK untuk mengaplikasikan genogram sebagai upaya mempersiapkan peserta didik agar dapat memilih pilihan karier yang tepat. Metode yang digunakan adalah pelatihan penggunaan teknik genogram melalui workshop, diskusi, pendampingan dan curah pendapat. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra mampu meningkatkan kompetensi penerapan salah satu teknik yang menjadi alternatif membanti siswa untuk menentukan karir dengan melihat kecocokannya dan potensi penentuan jurusan di SMK Kabupaten Polman (2) Melalui pendampingan dalam pengaplikasian teknik genogram mampu membuat mitra lebih memahami penerapan pemilihan karir terhadap peserta didik.

Kata Kunci: Layanan Bimbingan dan Konseling, Teknik Genogram, Guru BK, Karir.


Full Text:

PDF

References


Aryani, F., Sinring, A., & Kasim, S. N. O. (n.d.). Kematangan Karir dan Kompetensi Pribadi Konselor di Era Digital 4.0. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Farozin, M., & Tim. (2016). Pedoman Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Firmansyah, R. M. (2022). Persaingan jobseeker bagi freshgraduate di era milenial. Jurnal Sahmiyya, 1(1), 150-156.

Fathonah, N. (2019). Penggunaan Metode Genogram untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 2(2), 279–288.

Fikriyani, D. N., Nurbaeti, N., & Hidayat, D. R. (2020). Pemilihan Karir Berdasarkan Kepribadian Pada Siswa Kelas X Man 2 Tangerang “Teori Kepribadian Karir John L. Holland.” Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1).

Fortuna, N. D., Bisri, M., Priyambodo, A. B., & Hapsari, A. D. (2022). Hubungan Self Awareness Dan Kematangan Karir Siswa Smk “X” Blitar. Flourishing Journal, 2(4), 247–256.

Irmayanti, R. (2018). Genogram untuk Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMP. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(02), 84–89.

Juwitaningrum, I. (2013). Program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132-147.

Lestari, I. (2017). Meningkatkan kematangan karir remaja melalui bimbingan karir berbasis life skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).

Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan Adaptabilitas Karir Ditinjau Dari Jenis Sekolah (Sma Dan Smk). Universitas Ahmad Dahlan

Ohme, M., & Zacher, H. (2015). Job performance ratings: The relative importance of mental ability, conscientiousness, and career adaptability. Journal of Vocational Behavior, 87, 161–170.

Perry, Wayne. 2010. Basic Counseling Tehniques: A Beginning Therapist’s Toolkit (2nd edition). Bloomington. (Terjemahan).

Purwaningsih, H. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam melayani peserta didik di masa pandemi covid-19. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 36-44.

Rangka, I. B. (2015). Genogram Dan Pendekatan Naratif Dalam Konseling Untuk Membantu Arah Pilihan Karir Siswa1. In Apeca Mid Year International Workshop (pp. 117-128).

Rodhiyah, S. R. (2016). Pengembangan Buku Modifikasi Genogram untuk Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas. State University of Surabaya.

Rifai, I. A., & Sucihatiningsih, D. W. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Pelaksanaan Kegiatan Business Center Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Jurusan Pemasaran Smk Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Economic Education, 5(1), 39-51.

Susilawati, C. D. K., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Lingkungan Kerja Auditor terhadap Pilihan Karirnya Sebagai Auditor di KAP (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Kristen Maranatha dan Universitas Parahyangan). Akurat: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(8)

Sari, S. (2019). Literasi media pada generasi milenial di era digital. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 6(2), 30-42.

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri Dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25–32.

Triyono, M. B. (2017). Tantangan revolusi industri Ke 4 (I4. 0) bagi pendidikan vokasi. Proceeding Semnasvoktek, 2(1), 5.

Wibowo, D. M. L. M. E., & Tadjri, I. (2013). Pengembangan modul bimbingan karir berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1).

Zulfa, D. A., Putro, S. C., & Putranto, H. (2022). Hubungan Aktualisasi Diri Dan Kemampuan Komunikasi Dengan Adaptabilitas Karier Abad 21 Siswa Smk Di Kota Malang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 67–74.


Article Metrics

Abstract view : 164 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.