Penerapan Perahu Fiber Glass pada Pembuat Perahu Tradisional

Husain Syam(1*), Bakhrani A. Rauf(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.34364

Abstract


Abstrak. Tujuan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah kelompok masyarakat pembuat perahu tradisinal (mitra) memiliki pengetahuan dan keterampilan: (1) membaca gambar  kerja perahu nelayan lapisan fiber glass  lengkap  dengan  ukuran dan dimensi, (2) membentuk rangka papan atau multiplex perahu sebagai tulangan rangka perahu nelayan lapisan fiber glass, (3) merakit rangka papan atau multiplex sebagai tulangan rangka perahu nelayan lapisan fiber glass, (4) keterampilan memasang serat fiber gelas pada rangka papan atau multiplex sebagai tulangan rangka perahu nelayan lapisan fiber glass, (5) mencampur fiber glass lalu mengoleskan diatas serat fiber glass yang terpasang pada rangka perahu dari papan atau multiplex, (6) pekerjaan finising rangka perahu yang sudah dilapisi fiber glass, (7) membuat dudukan mesin / motor tempel dan guling (alat kemudi) dan ditempatkan pada bagian belakang perahu yang sudah dilapisi fiber glass. Hasil yang dicapai dalam penerapan Program Kemitraan Masuatrakat (PKM) ini adalah kelompok masyarakat pembuat perahu tradisional (mitra) dapat mengetahui dan terampil: (1) membaca gambar  kerja perahu nelayan lapisan fiber glass  lengkap  dengan  ukuran dan dimensi, (2) membentuk rangka papan atau multiplex perahu sebagai tulangan rangka perahu nelayan lapisan fiber glass, (3) merakit rangka papan atau multiplex sebagai tulangan rangka perahu nelayan lapisan fiber glass, (4) memasang serat fiber gelas pada rangka papan atau multiplex sebagai tulangan rangka perahu nelayan lapisan fiber glass, (5) mencampur fiber glass lalu mengoleskan diatas serat fiber glass yang terpasang pada rangka perahu dari papan atau multiplex, (6) pekerjaan finising rangka perahu yang sudah dilapisi fiber glass, (7) membuat dudukan mesin / motor tempel dan guling (alat kemudi) dan ditempatkan pada bagian belakang perahu yang sudah dilapisi fiber glass.

 

Kata kunci: perahu, nelayan, fiber galas


Full Text:

PDF

References


Dalih S.A, Sutiarna. 1978. Petunjuk Mengerjakan Kayu 1. Jakarta: Proyek Pengadaan Buku/Diktat Pendidikan Menengah Teknologi Depdikbud.

Gunawan. 1986. Mebel Kayu Lapis. Rancangan Disain, Bahan-bahan yang Dipakai, dan Tahap Pelaksanaan. Jakarta: PT. Gramedia

Janto J.B, 1979, Pengetahuan Alat-alat Kayu, Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Soedjana Abo, Rusdi R.K. 1978. Petunjuk Kerja Bangku 1. Jakarta: Proyek Pengadaan Buku/Diktat Pendidikan Menengah Teknologi Depdikbud.

Sampurno, Edi. 1978. Beberapa Rancangan Mebel Kayu Lapis. Jakarta: PT. Gramedia

Sumadi. 1981, Konstruksi Kayu. Bandung: Institut Teknologi Bandung

Supriadi . et.al. 1991. Profil Teknologi Padat Karya. Jakarta: Pengembangan Sumber daya Manusia

Subarkah, I. (1988 ). Konstruksi Bangunan Gedung. Bandung : Idea Dharma Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 273 times | PDF view : 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.