Peningkatan Computational Thinking untuk Siswa SMA IT Al Biruni Makassar

Nurul Mukhlisah Abdal(1*), Ambo Dalle(2), Johar Amir(3), Labusab Labusab(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.34160

Abstract


Abstrak. Pesatnya perkembangan di bidang teknologi membuat kebutuhan sumber daya manusia juga semakin meningkat. Berbagai universitas mulai berlomba-lomba membuka program studi untuk menunjang kebutuhan SDM yang mumpuni di bidang teknologi. CT memang memiliki peran penting dalam pengembangan aplikasi komputer, namun CT juga dapat digunakan untuk mendukung pemecahan masalah disemua disiplin ilmu, termasuk humaniora, matematika dan ilmu pengetahuan. Siswa yang belajar dimana CT diterapkan dalam kurikulum (proses pembelajaran) dapat mulai melihat hubungan antara mata pelajaran, serta antara kehidupan di dalam dengan di luar kelas. Computational Thinking adalah sebuah metode dan proses berpikir untuk penyelesaian persoalan dengan menerapkan (1) dekomposisi dan formulasi persoalan, sedemikian rupa sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien serta optimal dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu; (2) Abstraksi, yaitu menyarikan bagian penting dari suatu permasalahan dan mengabaikan yang tidak penting, sehingga memudahkan fokus kepada solusi (3) algoritma, yaitu menuliskan otomasi solusi melalui berpikir algoritmik (langkah-langkah yang terurut); (4) pengenalan pola persoalan, generalisasi serta mentransfer proses penyelesaian persoalan ke sekumpulan persoalan sejenis. Setelah melihat hasil evaluasi siswa SMA IT Al Biruni dapat disimpulkan bahwa kemampuan Computational Thinking siswa SMA IT Al Biruni masih kurang. Pelatihan tahap selanjutnya masih diperlukan untuk menindaklanjuti hasil evaluasi.

 

Kata Kunci: mitigasi bencana, anak usia dini, bernyanyi, bercerita.


Full Text:

PDF

References


Apriani, A., Ismarmiaty, I., Susilowati, D., Kartarina, K., & Suktiningsih, W. (2021). Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47-56.

Azhari, A. (2020, November). Pelatihan Computational Thinking dan Pembuatan Game Sederhana Bagi Guru SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Wirobrajan. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2, No. 1, pp. 339-348).

Ismi, D. P., Murinto, M., & Normawati, D. (2020, November). Pelatihan computational thinking bagi guru dan siswa SMA/SMK/MA Muhammadiyah di Wilayah Kota Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2, No. 1, pp. 379-388).

Kusumawati, E. R., & Achmad, S. (2022). Pelatihan computational thinking guru MI se-Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Penamas: Journal of Community Service, 2(1), 18-28.

Marieska, M. D., Rini, D. P., Oktadini, N. R., Yusliani, N., & Yunita, Y. (2020, February). Sosialisasi dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru TK, SD, dan SMP di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang. In Annual Research Seminar (ARS) (Vol. 5, No. 2, pp. 1-4).

Rahani, F. F., & Jones, A. H. S. (2020, November). Pelatihan computational thinking dan lomba bebras untuk guru dan siswa Sekolah Dasar se-Bantul. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2, No. 1, pp. 269-286).

Rismiyati, R., Suhartono, S., & Suharto, E. (2020, December). Pelatihan Computational Thinking Untuk Guru-Guru Di SD Negeri Tembalang. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020 (Vol. 1, No. 1).

Siregar, J. H., Anwar, C., & Sofia, I. P. (2021, November). Pelatihan Bebras Computational Thinking untuk Guru Penggerak. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Sukamto, T. S., Pertiwi, A., Affandy, A., Syukur, A., Hafidhoh, N. U., & Hidayat, E. Y. (2019). Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 99-107.

Surahman, E., & Ulfa, S. (2020). Pelatihan Perancangan Pembelajaran Berbasis Computational Thinking untuk Guru Sekolah Dasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 60-74.


Article Metrics

Abstract view : 524 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.