Diseminasi Teknologi Olahan Produksi Tanaman Jahe di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang

Amal Amal(1*), Nur Anny S. Taufieq(2), Irma Aswani Ahmad(3), Wahidah Sanusi(4),

(1) Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Matematika, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.33474

Abstract


Abstrak. Program Penerapan Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Diseminasi Teknologi Olahan Produksi Tanaman Jahe. Tujuan dalam kegiatan ini adalah: (1) pemanfaatan teknologi sederhana dalam mengolah jahe menjadi produk yang bernilai jual tinggi, (2) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan jahe menjadi wedang jahe, (3) meningkatkan pendapatan dan perekonomian petani jahe. Sasaran dalam kegiatan ini adalah masyarakat Kabupaten Enrekang umumnya dan petani jahe pada khususnya serta kelompok masyarakat yang mempunyai badan usaha. Metode dan tahapan dalam Penerapan Teknologi kepada Masyarakat adalah: (1) tahap desk study, (2) pelatihan dan demonstrasi, dan (3) monitoring dan evaluasi program. Adapun luaran yang dicapai (output) adalah teknologi sederhana pembuatan jahe menjadi wedang jahe yang bercita rasa dan bernilai ekonomi tinggi.

Kata kunci: diseminasi, tanaman jahe, Enrekang


Full Text:

PDF

References


Andayani, S. A., Dinar, D., Marina, I., Sumantri, K., Sulaksana, J., Umyati, S., & Dani, U. (2021). Peningkatan Nilai Tambah Melalui Pengolahan Produk Jahe. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 833-836.

Mukti, G. W. (2018). Penguatan kapasitas kewirausahaan petani muda jahe skala kecil di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 791-794.

Puryati, D., Kuntadi, S., & Basuki, T. I. (2019). Manajemen Usaha Budidaya Tanaman Jahe Dalam Polybag (Tanaman Jahe Modern).

Rina, N., & Supratman, L. P. (2022). Pemberdayaan Petani Tanaman Hias Holtikultura Binaan Yayasan Habim Melalui Implementasi Digital Marketing. In Community Service Seminar & Community Engagement (Cosecant), 1(2).


Article Metrics

Abstract view : 136 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.