Meningkatkan Kreativitas Berliterasi Anak Usia 6-11 Tahun di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Lomba Bercerita Anak LPP RRI Sulawesi Selatan

Suarni Syam Saguni(1*), Sadriah Sadriah(2), Rahmawati Rahmawati(3), Andi Reski Ramadani(4), Santi Julianti(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.33113

Abstract


Abstrak. Salah satu dampak pandemi covid pada anak-anak usia 6-11 tahun adalah mereka harus dibatasi berinteraksi secara langsung sehingga kreativitas serta semangat bermain anak-anak berkurang terutama pada bidang pendidikan semangat belajar semakin berkurang sehingga literasi pun ikut menciut di masa pandemi ini. Kegiatan lomba bercerita anak secara virtual dilaksanakan berdasarkan tujuan untuk membangkitkan kembali kreativitas anak-anak serta memberikan ruang terhadap anak-anak agar menuangkan isi hatinya selama pandemi covid-19 ini melalui cerita sekreatif yang mereka miliki. Pelaksanaan lomba cerita anak dilaksanakan oleh RRI Makassar secara virtual dan diputar di dalam Ruangan Studio RRI Net Makassar. Peserta dari lomba cerita anak virtual ini terdiri dari beberapa daerah di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Melalui lomba cerita anak ini dapat meningkatkan minta anak-anak terhadapa literasi, bercerita ataupun membaca cerita sampai menciptakan karya cerita anak.

 

Kata Kunci: Pandemi, Cerita Anak, Literasi,


Full Text:

PDF

References


Agoestyowati, R. (2017). Branding Serial KKPK: Tinjauan pada Minat Literasi Anak-anak. Majalah Ilmiah Bijak, 14(1), 60-69.

Amalia dkk. (2021). Gerakan Peduli Lingkungan Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Nilai Estetika Serta Minat Baca. Jurnal lepa-lepa 1 (2).

Angriani dkk. (2021). Meningkatkan Kreativitas Siswa SMK Negeri 1 Polewali Pada Masa Covid-19 Melalui Lomba Virtual Video Kreatif. Jurnal lepa-lepa 1 (2).

Basyiroh, I. (2018). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120-134.

Juita, Lilis dan Nurul Asma. (2021). Pembuatan Taman Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Negeri 184 Palambarae. Jurnal lepa-lepa 1 (2).

Yolanda, syintia dan yaswinda. 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Literasi di Taman Kanak-kanak pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Implementation of Literacy Learning in Kindergarten during the Coronavirus Disease 2019 Pandemic). Jurnal ilmiah pesona paud. vol 8, No 1.

Nur Rahma dkk. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal ilmu pendidikan, vol 3, No 1


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.