Psikoedukasi Self Diagnose: Kenali Gangguan anda sebelum menjudge diri sendiri

Eva Meizara Puspita Dewi(1*), Ratna Sari(2), Indah Indah(3), Dearni Regina Lestari(4), Muh. Nurfath Muqaddimah(5), Muhammad Ma’shum Sam(6),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(6) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.33053

Abstract


Abstrak. Tujuan dari mengadakan kegiatan psikoedukasi melalui webinar untuk memberikan edukasi yang mengangkat tema “self diagnosis: kenali gangguan anda sebelum menjudge diri sendiri”. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen quasi. Intervensi dilakukan melalui aplikasi zoom meeting dengan memberikan psikoedukasi berupa webinar yang diadakan tanggal 9 April 2022. Subjek pada penelitian ini yakni 96 orang yang bersedia mengikuti kegiatan penelitian dari awal hingga akhir kegiatan. Instrumen menggunakan soal pengetahuan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) perlakuan diberikan. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest dan posttest yang telah dibagikan kepada peserta menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan sebagaimana sejalan dengan tujuan dari edukasi webinar.

 

Kata kunci: Psikoedukasi, Webinar, Self diagnose.


Full Text:

PDF

References


Abin Syamsuddin Makmun. (2012). Psikologi Kependidikan,.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ahmed, A., & Samuel, S. 2017. Self-Diagnosis in Psychology Students. The International Journal of Indian Psychology

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

J. Tombokan Runtukahu. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Khusus, Yogyakarta: Arr-Ruzz Media

McMullan, R. D., Berle, D., Arnaez, S., & Starcevic, V. (2018). The relationship between health anxiety, online health information seeking, and cyberchondria:Systemic review and meta-analysis. Journal of Affective Disorder

Molek, Ahlulia Dua'na. (2016). Tinjauan Spesifisitas Penulisan Diagnosis Pada Surat Eligibilitas Peserta (Sep) Pasien Bpjs Rawat Inap Bulan Agustus Di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang Periode 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

Mulyadi. (2009). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus,(Yogyakarta: Nuha Litera, 2009), hal. 01

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 1317 times | PDF view : 366 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.