Pelatihan Membaca dan Menulis Aksara Bima Siswa SMK Negeri 1 Kota Bima

Muhammad Alfian Tuflih(1*), Mayong Mayong(2), Nensilianti Nensilianti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.33051

Abstract


Abstrak. Mitra dalam program pengabdian ini adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Bima. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan sekaligus pelatihan membaca dan menulis aksara Bima bagi siswa. Hal ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan berkaitan dengan kurangnya minat dan pengetahuan siswa pada bidang budaya. Padahal, budaya menjadi salah satu bagian penting dalam keseimbangan sosial. Permasalahan yang ditemukan, antara lain: 1) Kurangnya pengetahuan dan skill siswa dalam membaca dan menulis aksara Bima; 2) Kurangnya pengetahuan siswa sebagai generasi muda tentang budaya sehingga terhindar dari hal-hal negatif. Solusi yang ditawarkan ialah memberikan pelatihan membaca dan menulis aksara Bima bagi siswa. Target luaran ini yaitu artikel pada media massa cetak/elektronik, artikel pada jurnal terakreditasi, video kegiatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, tim pengabdi menggunakan strategi kronologis, dengan urutan pelaksanaan yang dimulai dari diskusi, pemberian materi, praktik membaca dan menulis Aksara Bima siswa, serta evaluasi hasil praktik.

 

Kata kunci: kemampuan membaca, kemampuan menulis, aksara Bima


Full Text:

PDF

References


Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Farboy, Sandy. (2020). Jurnal Artikulasi. Universitas Muhammadiyah Malang. Volume 7 Nomor 1 Februari. Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Gagasan Utama Sebuah Teks Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Batu Tahun Ajaran 2008/2009. Diakses tanggal 19 Februari 2020.

Prayogi, Ryan dan Danial, Endang. (2016).Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture Di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Humanika. Universitas Diponegoro. Volume 23 Nomor 1, diakses tanggal 9 April 202.

Sumarto. (2019). Jurnal Literasiologi. Yayasan Literasi Kita Indonesia. Volume 1 Nomor 2 Juli – Desember 2019. Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Kesenian, dan Teknologi. Diakses tanggal 9 April 2021.

Salahuddin, Siti Maryam. (2013). Aksara Bima: Peradaban Lokal yang Sempat Hilang. Mataram: Alam Tara Institute-Samparaja Bima.

Tarigan, Henry Guntur. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 109 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.