Sharing Session: Love Yourself We Are Same Terhadap Kepercayaan Diri Penyandang Disabilitas Fisik Di Balai Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya Makassar

Basti Tetteng(1*), Reski Indah Rukmila(2), Riska Indah Sari Syaheruddin(3), Reviona Eppang(4), Ratu Salsabila Helmi(5), Nurul Ismi Fauziah Jumadi(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i2.24973

Abstract


Abstrak.  Salah satu jenis disabilitas fisik adalah kelainan tubuh(tuna daksa) adalah individu yang mengalami gangguan gerak yang disebabkan oleh kelainan neuromuskular dan struktur tulang yang bersifat bawaan, sakit, atau akibat kecelakaan(amputasi), polio dan lumpuh layu atau kaku, paraplegi, cerebral palsy, dan orang kecil. Keberadaan disabilitas fisik selalu akrab dengan label bahwa individu dengan cacat tubuh merupakan individu yang lemah, tidak berdaya, tidak dapat melaksanakan aktivitas, bahkan dianggap tidak dapat memberikan kontribusi apa-apa dalam hidup.  Dengan adanya prasangka tersebut, maka kerap kali terjadi diskriminasi terhadap individu penyandang disabilitas fisik. Sehingga penyandang disabilitas menjadi tidak percaya diri terhadap dirinya sendiri. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap Penerima Manfaat(PM)  di BRSPDF Wirajaya Makassar mahasiswa KKP Psikologi UNM melihat bahwa tingkat kepercayaan diri PM masih rendah. Melalui sharing session yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri PM ketika berada di lingkungan sosial, dan mampu beradaptasi dan memulai langkah yang pasti ketika lulus dan menjadi alumni BRSPDF Wirajaya Makassar. Metode yang digunakan dalam .  bentuk seminar online/webinar dan sharing session menggunakan aplikasi zoom. Melalui sharing session ini ini PM mulai meningkatkan kepercayaan dirinya dan mampu mengoptimalkan kemampuannya untuk bersaing dengan orang lain dalam dunia kewirausahaan sesuai dengan potensi dan keterampilan yang telah diberikan selama berada di BRSPDF Wirajaya Makassar.

Kata Kunci: self love, Self Esteem, Kepercayaan Diri, Penyandang Disabilitas Fisik


Full Text:

PDF

References


Oktalia, B., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2018). Efektivitas Program Psikoedukasi Pengembangan Self-Esteem Untuk Meningkatkan Self-Esteem Remaja Kelas 1 Di Smp X. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(2), 769-778.

Prehanto, A., Guntara, R., & Aprily, N. (2021). Informasi dalam Seminal Kurikulum. Indonesian journal of digital business, 1(1), 42-48.

Mardatillah. (2010). Pengembangan Diri. STIE Balikpapan: Madani.

Khoshaba, D. 2012. A seven-step prescription for self loe. Psychology Today Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/get-hardy/201203/seven-step-prescription-self-love.


Article Metrics

Abstract view : 357 times | PDF view : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.