Program Sosialisasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Karyawan di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang MNP

Rahmawati Syam(1), Herianti Sonda(2*), Gusmini Gusmini(3), Irnovriani Ramadhanti Putri A.(4), Jihan Magfira Gaffar(5), Haidar Haidar(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i1.24780

Abstract


Abstrak. Berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Mahasiswa fakultas psikologi UNM melakukan pengabdian program Kuliah Kerja Profesi (KKP) di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) cabang Makassar New Port yang bertujuan untuk melihat gap pada karyawan sesuai dengan permintaan Asisten Manager SDM, berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan diketahui bahwa aspek yang rendah adalah thingking. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada karyawan outsourching Makassar New Port, maka peneliti melakukan sosialisasi dengan menggunakan media spanduk baik secara online maupun offline. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, survei, dan sosialisasi. Alat ukur yang digunakan untuk menganalisis karakteristik minat bakat karyawan yaitu teori gallup. Jumlah responden yang mengisi survei yaitu sebanyak 179 orang. Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya berpikir kritis dan cara meningkatkannya. Sosialisasi dilaksanakan dengan menggunakan spanduk. Hasil dari kegiatan ini memperoleh respon yang positif dari karyawan di lokasi KKP.

Kata kunci: Berpikir kritis, karyawan, sosialisasi.


Full Text:

PDF

References


Anwar. (2018). Paradigma Sosialisasi Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak. Jurnal Al-Maiyyah, 11(1), 143-151.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.

Bakar, R. M. (2019). Konsep dan Teknik Wawancara dalam Bidang Psikologi. Makassar: Nas Media Pustaka.

Dwijinanti, P & Yulianti, D. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 108-114.

Fajrianthi., Hendriani, W & Septarini, B. G. (2016). Pengembangan Tes Berpikir Kritis dengan Pendekatan Item Response Theory. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 45-55.

https://karir.itb.ac.id/articles/detail/863 (diakses pada tanggal 4 November 2021, Pukul 13.30 WITA)

Islamy, I. (2019). Penelitian Survei dalam Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Inggris. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Lestari, Y. I & Alsa, A. (2012). Hubungan Antara Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Sikap Terhadap Pengembangan Karir Pegawai Negeri Sipil Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau. Jurnal Psikologi, 8(1), 38-48.

Nugraha, A. J., Suyitno, H & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43.

Prameswari, S. W., Suharno, & Sarwanto (2018). Inculcate Critical Thinking Skills In Primary Schools. Journal Social, Humanities, and Education Studies (SHEs). 1 (1), 742-750.

Rayhanul, S. (2015). What Are The Importance And Benefits Of Critical Thingking Skill. New York San Francisco: McGraw-Hill.

Rizka, S., Laras, A., Hamidatul,. & Erika, W. (2020). Critical Thinking in English Academic Essay: Indonesian Teacher’s Voices. Journal Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 434, 139-143.

Rizal M, M. (2021). Pemanfaatan Media Poster Tempel Untuk Komunikasi Visual di Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau. Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(01), 36-41. ISSN: 2252-7672

Rodiyana, R.(2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1), 34-43.

Subadi, T. (2008). Sosiologi. Surakarta: BP-FKIP. UMS.

Suprihati. (2014). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perusahaan Sari Jati Di Sragen. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 12(01), 115677.

Yusuf, A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 192 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.