Pompa Irigasi Sawah Ramah Lingkungan Berbasis Tenaga Surya

Fitrah Asma Darmawan(1*), Muhammad Akil(2), Khaidir Rahman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.24453

Abstract


Sistem irigasi sawah di Desa Lempangang Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa masih mengandalkan sumur bor untuk menyuplai air ke sawah mereka. Hal ini disebabkan karena struktur tanah persawahan di daerah ini tidak rata, terdapat area sawah yang rendah dan ada pula yang tinggi. Sebenarnya terdapat saluran irigasi pada area sawah yang rendah, namun tidak selamanya tersedia aliran air, sehingga pada musim kemarau para petani kesulitan dalam mendapatkan air. Oleh karena itu, para petani menggunakan pompa air berbahan bakar premium untuk mengalirkan air dari sumur bor mereka ke area persawahan. Biasanya untuk satu petak sawah dengan luas sekitar 30 sampai 35 are membutuhkan sebanyak 7 liter premium dengan waktu rata-rata 12 jam hingga air memenuhi seluruh permukaan tanah. Metode pengujian system irigasi ini dilaksanakan selama 3 tahapan yaitu: tahapan pertama, pompa akan dijalankan selama 4 jam. Pengujian dilakukan dengan melihat kondisi pompa dan menghitung jumlah debit air yang dihasilkan. Tahapan kedua, pompa akan dijalankan selama 8 jam dan memantau kondisi pompa dan jumlah debit air yang dihasilkan. Tahapan ketiga, pompa akan dijalankan selama 12 jam dan memantau kondisi pompa dan jumlah debit air yang dihasilkan. Ada dua manfaat utama yang dirasakan oleh mitra yaitu tersedianya pompa irigasi sawah dengan sumber tenaga listrik dari tenaga surya, dan petani memiliki pengetahuan tambahan tentang teknologi terbaru yang lebih ramah lingkungan dan lebih efisien.

Full Text:

PDF

References


Murdiana., & Fadli. (2016). Peran Irigasi dalam Peningkatan Produksi Padi Sawah di Kecamatan Meurah Mulia Kabupaten Aceh Utara. Jurnal AGRIFO, 1(2), 1-14.

Sanjaya, O.I., Giriantari, I.A.D., Kumara, I. N. S. (2019). Perancangan Sistem Pompa Irigasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk Pertanian Subak Semaagung. Jurnal Spektrum, 6(3), 114-121.

Siswanti, R. (2005). Analisis Nilai Ekonomi Air Irigasi. Skripsi, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Yasar, M., Mustaqimah, M., & Yunus, Y. (2017). Potensi Pengembangan Sistem Irigasi Pompa Tenaga Surya untuk Sawah Tadah Hujan di Pulau Simeulue. Rona Teknik Pertanian, 10(2), 56–63


Article Metrics

Abstract view : 127 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.