Informasi Layanan Karir di Era Digital 4.0 bagi Guru BK SMK

Farida Aryani(1*), Abdullah Sinring(2), Muh. Rais(3), Sinta Nurul Oktaviana Kasim(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i1.21646

Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Asosiasi Bimbingan dan Konseling (ABKIN) Kab. Bantaeng. Masalahnya adalah (1) guru BK mengalami kesulitan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling karir di era digital, (2) kurangnya keterampilan guru BK mengembangkan media dalam layanan bimbingan dan konseling karir di era digital bagi generasi z. Sasaran pengabdian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan guru BK dalam memberikan layanan informasi bimbingan dan konseling karir kepada siswa SMK, (2) meningkatkan keterampilan guru BK menggunakan media dalam layanan informasi bimbingan dan konseling karir di era digital bagi generasi Z. Metode yang digunakan adalah: workshop, diskusi, role play dan curah pendapat. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra mampu memberikan layanan informasi bimbingan dan konseling karir kepada siswa SMK melalui metode workshop, diskusi, role play dan curah pendapat, (2) mitra memiliki keterampilan yang baik mengembangkan media dalam layanan informasi bimbingan dan konseling karir di era digital bagi generasi Z sehingga dapat meningkatkan kematangan karir siswa di SMK.

 

Kata Kunci: Layanan Karir, Era Digital 4.0, Guru BK

 


Full Text:

PDF

References


Amalianita, B., & Putri, Y. E. (2019). Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(2).

Anisah, L. (2015). Model layanan informasi karir dengan teknik field trip untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMK di kabupaten Demak. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).

Ardana, I. N. S., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Karir Holland dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Aryani, F., & Rais, M. (2017). Model E-Peminatan: Solusi Praktis Merencanakan Karier Masa Depan. Badan Penerbit UNM.

Aryani, F., & Rais, M. (2018). Bimbingan Karir Masa Depan untuk Meraih Sukses ke Perguruan Tinggi. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Aryani, F., Sinring, A., & Rais, M. (n.d.). Application of Career Assessment Model to Assist Students in Choosing Department in Senior High School.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. Psikopedagogia, 3(2), 58–68.

Bencsik, A., Horváth-Csikós, G., & Juhász, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3).

Budisiwi, H. (2013). Model Bimbingan Karir Holland Untuk Meningkatkan Kematangan Pilihan Karir Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 7(1).

Fikriyani, D. N., Nurbaeti, N., & Hidayat, D. R. (2020). PEMILIHAN KARIR BERDASARKAN KEPRIBADIAN PADA SISWA KELAS X MAN 2 TANGERANG “TEORI KEPRIBADIAN KARIR JOHN L. HOLLAND.” Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1).

Forum, W. E. (2016). The future of jobs: Employment, skills and workforce strategy for the fourth industrial revolution. Global Challenge Insight Report.

Harahap, N. A., Amalianingsih, R., & Hidayat, D. R. (2020). TYPE OF PERSONALITY IN MAKING CAREER DECISIONS BASED ON THE JOHN L HOLLAND THEORY. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1).

Holland, J. L. (1996). Exploring careers with a typology: What we have learned and some new directions. American Psychologist, 51(4), 397.

Holland, J. L. (1997). Making vocational choices: A theory of vocational personalities and work environments. Psychological Assessment Resources.

Hurtado Rúa, S. M., Stead, G. B., & Poklar, A. E. (2019). Five-factor personality traits and RIASEC interest types: A multivariate meta-analysis. Journal of Career Assessment, 27(3), 527–543.

Julia, J., & Afandi, M. (2020). Efektivitas Teknik Mind Mapping Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 1(2), 106–113.

Korohama, K. E. P., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2017). Model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 68–76.

Kumaidi, K., Farida, R., & Haq, A. H. B. (2017). Skala Minat Kejuruan: Strategi Mengenali Minat Vokasi Siswa. URECOL, 553–562.

Marpaung, J., Adiningtiyas, S. W., & Ramdani, R. (2021). Kepuasan Siswa terhadap Layanan Bimbingan Konseling di SMA Kota Batam. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 1–9.

McKay, D. A., & Tokar, D. M. (2012). The HEXACO and five-factor models of personality in relation to RIASEC vocational interests. Journal of Vocational Behavior, 81(2), 138–149.

Novira, S. T., Mubarok, H., & Shofa, R. N. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan dengan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process dan Weighted Product (Studi Kasus: SMK Al-Khoeriyah Kota Tasikmalaya). SAIS| Scientific Articles of Informatics Students, 3(2), 111–122.

Nurhasanah, N. (2016). PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR. JURNAL SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Unsyiah, 1(1).

Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. (2019). Generasi Z sebagai Generasi Wirausaha.

Putri, I. E., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Perspektif Teori Holland dalam Pemilihan Karir Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1671–1680.

Rahmayu, M., & Serli, R. K. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Smk Putra Nusantara Jakarta Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 551–564.

Rizekia, V., & CHRISTIANA, E. (2019). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal BK UNESA, 10(1).

Rokhayati, A., Kambara, R., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Soft Skill dan Perencanaan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kualitas Pelatihan Sebagai Variabel Modertor (Studi Empiris Pada Pt. Krakatau Tirta Industri Cilegon). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(2).

Sheldon, K. M., Holliday, G., Titova, L., & Benson, C. (2020). Comparing Holland and Self-Determination Theory measures of career preference as predictors of career choice. Journal of Career Assessment, 28(1), 28–42.

Sheu, H.-B., Lent, R. W., Brown, S. D., Miller, M. J., Hennessy, K. D., & Duffy, R. D. (2010). Testing the choice model of social cognitive career theory across Holland themes: A meta-analytic path analysis. Journal of Vocational Behavior, 76(2), 252–264.

Smart, J. C., Feldman, K. A., & Ethington, C. A. (2000). Academic disciplines: Holland’s theory and the study of college students and faculty. Vanderbilt University Press.

Suryahadikusumah, A. R., Kurniasari, K., Ferdiansyah, M., Purnamasari, S., & Surtiyoni, E. (2019). Mempersiapkan Karir Siswa di Era Digital melalui Pemahaman Tipologi Kepribadian dan Dunia Kerja. Widya Laksana, 8(2), 119–124.

Yulianti, E., & Saraswati, S. (2015). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Perencanaan Karir. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(2).


Article Metrics

Abstract view : 615 times | PDF view : 241 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.