Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif bagi Masyarakat di Desa Mallasoro Kabupaten Jeneponto

Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin(1*), M. Ikhwan Maulana Haeruddin(2), Agung Widhi Kurniawan(3), A. Mustika Amin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i2.15774

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang kewirausahaan dan pengolahan luaran yang menghasilkan produk bernilai ekonomis yaitu sabun dan deterjen, serta mengetahui metode pemasarannya. Sasaran peserta dari kegiatan ini adalah warga Desa Mallasoro, Kabupaten Jeneponto. Secara umum, peserta dapat diharapkan untuk sangat antusias mengikuti pelatihan yang ditunjukkan dari ketekunan dan kedisiplinan dalam mengikuti setiap tahapan dalam kegiatan. Selain itu setiap peserta ikut berpartisipasi dalam menentukan materi pelatihan terkait dengan pelaksanaan tugas yang dijalankan sehari-hari.  Setiap peserta mampu menghasilkan produk bernilai ekonomis dan juga mampu memasarkan produk tersebut baik melalui mekanisme penjualan offline maupun online. Melalui kegiatan ini setiap peserta merasakan manfaat dari kegiatan pemberdayaan usaha ekonomi produktif melalui kegiatan dan mengharapkan kegiatan seperti ini dapat diberikan secara rutin dan juga membawa khazanah baru bagi pengetahuan dan keterampilan mereka sehingga akan meningkatkan taraf kehidupan warga secara ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Alfian, M. G. Tan dan Selo Soemardjan (eds.), 1980. Kemiskinan Struktural; Suatu Bunga Rampai.

Haeruddin, M. I. M., Musa, M. I., & Musa, C. I. (2017). Pelatihan Keterampilan Penggunaan Media Mailing List Sebagai Media Belajar Bagi Siswa-Siswa di SMK Sari Buana Makassar. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 1(2), 16-20.

Miles dan Huberman, AM. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Sadji, Partoatmodjo. (2004). Masalah Kemiskinan dan Kompleksitas Penanggulangannya. Jakarta. Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Utari, A. R. T., & Riani, A. (2015). Analisis Kelayakan Usaha Ternak Sapi Potong pada Berbagai Skala Kepemilikan di Desa Mallasoro, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, [Skripsi]. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin.


Article Metrics

Abstract view : 230 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.