Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Instrumen Tes Kognitif Berbasis HOTS

Muhammad Danial(1*), Wahidah Sanusi(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i2.15773

Abstract


Tujuan kegiatan Program Kegiatan Kemitraan (PKM) ini  adalah guru memahami  tentang: (1) prinsip instrumen tes kognitif berbasis keterampilam berpikir tingktat tinggi (High Order Thinking Skill; HOTS), (2) langkah-langkah teknis penyusunan instrumen tes kognitif berupa soal-soal berbasis HOTS, (3) memahami komponen-komponen yang harus terdapat dalam instrumen tes kognitif berbasis HOTS, (4) terampil menyusun instrumen tes kognitif berbasis HOTS, dan (5) menghasilkan produk instrumen tes kognitif berbasis HOTS. Metode yang digunakan  untuk  mencapai  tujuan  tersebut adalah:  pemaparan materi tentang  prinsip dan penyusunan instrumen tes kognitif berbasis HOTS oleh Tim Pengabdi, praktik penyusunan instrumen tes kognitif berbasis HOTS oleh peserta  pelatihan,  presentasi produk/hasil naskah soal-soal berbasis HOTS oleh peserta perwakilan, pengamatan dan pengisian angket peserta setelah kegiatan PKM ini dilaksanakan. Peserta kegiatan ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Parangtambung II Kota Makassar yang berjumlah 14 orang. Hasil kegiatan PKM ini adalah peserta pelatihan: (1) memahami prinsip instrumen tes kognitif berbasis keterampilam berpikir tingktat tinggi (High Order Thinking Skill; HOTS), (2) memahami langkah-langkah teknis penyusunan instrumen tes kognitif berupa soal-soal berbasis HOTS, (3) memahami komponen-komponen yang harus terdapat dalam instrumen tes kognitif berbasis HOTS, (4) keseluruhan peserta terampil menyusun instrumen tes kognitif berbasis HOTS, dan (5) menghasilkan produk instrumen tes kognitif berbasis HOTS, serta (6) peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan worhshop penyusunan soal-soal kognitif berbasis HOTS dan merespon positif kegiatan ini dengan mengatakan bahwa kegiatan PKM ini sangat bermanfaat kaitannya dengan perbaikan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Prinsip, Teknik, dan Prosedur. PT Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.

Basuki, I. dan Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.

Danial, M., M.Anwar, dan P. Salempa. (2016). IbM Penyusunan Proposal PTK bagi Guru SDN Parangtambung 2 Kota Makassar. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Danial, M., M.Anwar, dan P. Salempa. (2017). IbM Pelaksanaan PTK dan penyusunan laporan bagi Guru SDN Parangtambung 2 Kota Makassar. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Danial, M., dan W. Sanusi. (2018). PKM Penyusunan Proposal PTK bagi Guru SDN No.12 Pinrang. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Danial, M., dan W. Sanusi. (2019). PKM Penyusunan LKPD Berbasis Investigasi bagi Guru SDN Parangtambung II Kota Makassar. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen dikdasmen. Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas. (2019). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengabdian edisi XII. Dirjen Dikti: Jakarta.

Furchan, A. (1982). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Usaha Nasional: Surabaya.

Kemendikbud. (2014). Buku Guru untuk SD Kelas 4, 5, dan 6 Berdasarkan Kurikulum 2013. Kemendikbud: Jakarta.

Rofalina, F. (2018). Pembahasan Lengkap Seputar Soal HOTS. Zenius.net. (on- line) https://www.zenius.net. Diakses 13 Pebruari 2020.

Suparmin, Wahyuningrum, dan Mulyono, S. (2013). Seri Character Building: PAKEM Tema 1 s.d. 9 untuk SD dan MI Kelas IV Sesuai Kurikulum 2013. Mediatama: Surakarta.


Article Metrics

Abstract view : 309 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.