Pengembangan Produk Unggulan Daerah Kerajinan Tenun Sutera Sengkang Berbasis Kearifan Lokal Suku Bugis

Muhammad Ardi(1*), Faizal Amir(2), Bakhrani A. Rauf(3), Muhammad Rakib(4), Alimuddin Sa’ban Miru(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i2.15771

Abstract


Tujuan kegiatan PPPUD ini adalah: (1)  Memperkenalkan kepada mitra jadwal perencanaan produksi yang efisien dan efektif; (2) Melatih mitra membuat jadwal perencanaan produksi yang efisien dan efektif;  (3) Memperkenalkan kepada mitra desain motif kain tenun sutera yang berbasis pada kearifan lokal Suku Bugis;  (4)  Melatih mitra membuat desain, mengembangkan desain, dan menenun kain tenun sutera yang berbasis pada kearifan lokal Suku Bugis. Metode yang digunakan adalah sebgai berikut: (1) melakukan sosialisasi kepada Pemerintah Kabupaten Wajo dan industri mitra; (2) melatih dan mendampingi mitra membuat jadwal perencanaan produksi yang efisien dan efektif; (3) melatih dan mendampingi mitra membut desain, mengembangkan desain, dan menenun kain tenun sutera yang berbasis pada kearifan lokal Suku Bugis; (4) melakukan monitroing dan evaluasi.  Hasil yang dicapai adalah sebagai berikut: (1) mitra mengenali dan terampil membuat jadwal perencanaan produksi yang efisien dan efektif; (2) mitra mengenali dan termpil membuat desain, mengembangkan desain,  dan menenun motif kain tenun sutera yang berbasis pada kearifan lokal Suku Bugis.

Full Text:

PDF

References


Muhammad Ardi (2018). Identifikasi Kondisi Sosial Ekonomi dan Keterampilan Penenun Sutera di Kabupaten Wajo. Laporan Penelitian. Makassar: Lembaga Penelitian Uniersitas Negeri Makassar.

Anonim. (2020). Fakta Kain Sutra yang Harus Anda Ketahui. (https://inspiring.id/ fakta-kain-sutra-yang-harus-anda-ketahui/), diakses 11 Agustus 2020.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Jakarta: Balai Pustaka

Anggraini, Lia & Kirana Nathalia. (2014). Desain Komuikasi Visual, Dasar-dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sjafi’I, Akhmad. (2001). Nirmana. Surakarta: STSI Press

Setyo Harini. (2016). Peningkatan Pendapatan Dan Produksi Pembudidaya Lele Di Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Tesis. Jember: Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember.

Sukirno, Sadono, (2005). Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anoraga, Pandji. (2005), Manajemen Bisnis. Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta

Tambunan, T.H Tulus. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-isu Penting. Jakarta: LP3ES.

Wahyudin, Dian. (2013). Peluang atau Tantangan Indonesia MenujuASEAN Economic Community 2015. Semarang: Lembaga Penerbit Universitas Diponegoro.


Article Metrics

Abstract view : 314 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.