Pelatihan Pengembangan Program Kemitraan PAUD Di Tengah Pandemi Covid – 19

Muhammad Akil Musi(1*), Parwoto Parwoto(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i2.15770

Abstract


Konsep kemitraan dan kerjasama dalam konteks pendidikan sesungguhnya adalah keterkaitan lembaga pendidikan dan keluarga yang ideal di mana keduanya saling mengenal, menghormati, dan mendukung satu sama lain pada proses belajar dalam perkembangan anak. Mengingat kondisi yang tidak memungkinkan dalam situasi Pandemi Covid 19, maka Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan virtual yang dilaksanakan dari bulan Mei – September 2020. Kegiatan tatap muka hanya dilaksanakan sekali untuk penguatan dan diskusi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak antara peserta serta penggunaan masker. Konsepsi pemecahan masalah dalam konteks kemitraan menekankan bahwa orang tua memiliki peran sangat besar dalam pendidikan anak. Keberhasilan pendidikan anak bergantung kepada keterlibatan keluarga. Kesimpulan dari kegiatan Program Kemitraan  Masyarakat (PKM)  ini adalah bahwa penerapan Model pengembangan Program Kemitraan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mendukung perkembangan anak. Hal  ini dapat dilakukan melalui melalui kerjasana dan komunikasi antara orang tua dan satuan pendidikan anak usia dini. Kondisi akhir pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini menunjukkan bahwa peserta yang merupakan Kelompok Guru dan Kepala Satuan  PAUD pada Gugus Kecamatan Panukukang Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan sebagai sasaran pelatihan dapat memahami model pengembangan program kemitraan yang efektif dalam mendukung komunikasi antara pihak orang tua dan satuan pendidikan anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Coleman, M. (2013). Empowering Family-Teacher Partnership Building Connections within Diverse Communities. Los Angeles: Sage Publication.

Cowling, Alan & James, Philips. (1996). The Essence Of Personnel Management an Industrial Relation (terjemahan) . Yogyakarta : ANDI

Epstein, J.L. (2001). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Boulder, CO: Westview Press.

Gonza´lez, R.L & Jackson, C.L. (2013). Engaging with Parents: The Relationship Between School Engagement Efforts, Social Class, and Learning. School Effectiveness and School Improvement, 24 (3), 316-335.

Henderson, A.T., & Mapp, K.L. (2002). A New Wave of Evidence: The Impact of School, Family, and Community Connections on Student Achievement. Annual Synthesis, 2002. Austin, TX: Southwest Educational Development Lab.

Izzo, et.al, (1999). A Longitudinal Assessment of Teacher Perceptions of Parent Involvement in Children's Education and School Performance. American Journal of Community Psychology, 27 (6), 817-839.

Patmonodewo, Soemiarti. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Patrikakou, E. N. (2008). The Power of Parent Involvement: Evidence, Ideas, and Tools for Student Success. Diakses dari http://education.praguesummerschools.org/images/education/readings/2014/Patrikakou_Power_of_parent_involvement.pdf pada tanggal 12 November 2014.

Pepkin, K. L. (2004). Creative Problem Solving In Math. Tersedia di: http://-www.uh.edu/hti/cu/2004/v02/04.htm [21 September 2018].

Santrock, J. W. (2007). Child Development, Eleven Edition. (Alih bahasa: Mila Rachmawati & Anna Kuswanti). Jakarta: Erlangga.

Sudjud, Aswarni. (1998). Permasalahan dan Alternatif Solusinya di Lembaga Prasekolah. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.

Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.