Penguatan Kompetensi Inti Spritual Pada Guru SDN/MI se-Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa

Muh. Sudirman(1*), Mustaring Mustaring(2), Lukman Ilham(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i2.15768

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa workshop penguatan Kompetensi Inti Spritual bagi guru SDN/MI di Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Masalahnya adalah:  (1) Pihak sekolah dan Dinas Pendikan tidak memiliki program dan dukungan dana untuk mengadakan kegiatan yang dimaksud secara berkesinambungan. (2) Pihak guru belum memiliki cukup waktu untuk melakukan kegiatan yang dimaksud. (3) Pihak guru kurang mampu meng-update, mengamati dan menelisik nilai-nilai mana saja yang layak untuk diikuti. Metode yang digunakan adalah ceramah diskusi dan tanya jawab, yang kemudian dilanjutkan dengan latihan. Hasil akhir kegiatan ini berupa 40 orang guru SDN/MI di Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa telah mengikuti kegiatan penguatan nilai-nilai spritual. Diharapkan kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa untuk lebih memperhatikan mengenai pentingnya penguatan nilai-nilai spritual dalam kehidupan sehari-hari. Demikian pula kepada para guru diharapkan agar memiliki kesadaran untuk selalu belajar dan berusaha meningkatkan kompetensinya sesuai dengan tuntutan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman al-Bagdadi, (1988). Ulama dan Penguasa di Masa Kejayaan dan Kemunduran, Gema Insani Press, Jakarta.

Abuddin Nata. (2000). Metodologi Studi Islam, PT. Raja Grafindo Perkasa, Jakarta.

Akram Dhiyauddin Umari, 1999. Masyarakat Madani: Tinjauan Historis Kehidupan Zaman Nabi, Gema Insani Press, Jakarta.

Al-Ghazali. (2003). Ihya’ Ulumiddin (Mengembangkan Ilmu-Ilmu Agama), Jilid 2 cet. kelima, diterjemahkan oleh Prof. Tk.H. Ismail Yakub, MA, SH., Pustaka Nasional PTE. LTD, Singapura.

Amrullah Ahmad. (1996). Dimensi Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional, Gema Insani, Jakarta.

Anderson, J.N.D. (1991). Hukum Islam di Dunia Modern, CV. Amarpress, Surabaya.

Arfin Hamid. (2011). Hukum Islam Perspektif Keindonesiaan (Sebuah Pengantar dalam Memahami Realitasnya di Indonesia), PT. Umitoha Ukhuwah Grafika, Makassar.

Bustanul Arifin. (1996). Pelembagaan Hukum Islam di Indonesia, Akar Sejarah, Hambatan dan Prosfeknya, Gema Insani Press, Jakarta.

Dede Rosyada. (1993). Hukum Islam dan Pranata Sosial, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ginting A. R., Herlina N., dan Tyasmoro S. Y. (2013). Studi Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleorotus ostreatus) pada Media Tumbuh Gergaji Kayu Sengon dan Bagas Tebu. Jurnal Produksi Tanaman. Vol. 1 No. 2. Halaman 17-24.

Hapida, Y. (2019). Pemanfaatan Ampas Tebu dalam Meningkatkan Pertumbuhan Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) di Kota Palembang dan Sumbangsihnya pada Mata Pelajaran Biologi di SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan. Vol. 5 No. I. Halaman 23-28.

Hasby Ash Shiddieqy. (1968). Al-Islam, Jilid II, Bulan Bintang, Jakarta.

Hussein Bahreisj. (1981). Himpunan Hadis Shahih Bukhari, Al-Ikhlas, Surabaya.

Iqbal, Mandang T., Sembiring E. N., dan Chozin M. A. 2012. Aspek Teknologi dan Analisis Kelayakan Pengelolaan Serasah Tebu pada Perkebunan Tebu Lahan Kering. Jurnal Keteknikan Pertanian. Vol. 26 No. 1. Halaman 17-23.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga (2002). Jakarta: Balai Pustaka.

Mardapi, Dj. dan Ghofur, A, (2004). Pedoman Umum Pengembangan Penilaian; Kurikulum Berbasis Kompetensi SMA. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Mehrens, W.A, and Lehmann, I.J, (1991). Measurement and Evaluation in Education and Psychology. Fort Woth: Holt, Rinehart and Winston, Inc.

Moh. Uzer Usman. (2007). Menjadi Guru Profesional, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Neville, F., Ardianto, R., Viktaria, V., Budihalim, V., dan Sari, I. J. (2018). Pengaruh Intensitas Cahaya dan Kadar Sukrosa terhadap Pertumbuhan Jamur Tiram di Tanggerang Selatan. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. Vol. 13 No. 2. Halaman 55-59.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 14 tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 tahun 2006 tentang Rincian Tugas Unit Kerja di Lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, Jakarta, 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta, 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2007. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Fokus Media.

Popham,W.J., (1999). Classroon Asessment: What teachers need to know. Mass: Allyn-Bacon.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Fokus Media.Dharma, A. P., Meitiyani, Nisaa, R. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Ibu-Ibu PKK RT 05 dan 07 RW 07 Kelurahan Kalideres terhadap Kemampuan Budidaya Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus). IKRAITH-ABDIMAS. Vol. 2, No. 2. Halaman 1-4.

Widyastuti, N. dan Istini, S. (2004). Optimasi Proses Pengeringan Tepung Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus). Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia. Vol.2 No.1. Halaman 1-4.


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.