Pengembangan Usaha Kerajinan Adat di Desa Lengkese

Mas Ud Muhammadiah(1*), Chahyono Chahyono(2), Rahmadi Jasmin(3), Musawwir Musawwir(4),

(1) Universitas Bosowa
(2) Universitas Bosowa
(3) Universitas Bosowa
(4) Universitas Bosowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i2.15762

Abstract


Mitra dalam pelaksanaan PPDM ini adalah pengrajin bosara KUB Karya Bersama yang merupakan pengrajin kerajinan adat di desa Lengkese. Kerajinan adat di desa lengkese telah dikelola masyarakat secara turun temurun, namun dari segi kuantitas dan kuantitas produk kerajinan adat desa Lengkese selama 3 tahun terakhir (2018-2020) mengalami penurunan, disebabkan jumlah pengrajin dan kegiatan-kegiatan pembinaan dalam bentuk pelatihan/bimbingan kepada pengrajin semakin berkurang, sedangkan potensi pasar dan jumlah bahan baku berlimpah. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah meningkatkan tenaga pengrajin, meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil anyaman. Manfaat diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pengrajin. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, pelatihan, dan pendampingan. Hasil yang dicapai dalam pengabdian adalah: melalui kegiatan pelatihan manajemen usaha jumlah tenaga pengrajin meningkat dari 12 menjadi 30 orang, dengan melakukan kegiatan pelatihan menganyam kuantitas meningkat dari 5 lusin menjadi 10 lusin per bulan per orang.

Full Text:

PDF

References


Agus Cahyana Dan Komang Wahyu Sukayasa. (2008). Studi Pengembangan Desain Kerajinan Anyaman Pandan Sentra Industri Kecil Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Laporan Penelitian (Tidak Dipublikasikan). Bandung. Program Studi Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa Dan Desain Universitas Kristen Maranatha.

Badan Pusat Statistik. (2019). Kecamatan Mangarabombang Dalam Angka. Kabupaten Takalar: Badan Pusat Statistik Kabupaten Takalar.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Takalar, 2019. Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Takalar, Kabupaten Takalar: Diperindag Kabupaten Takalar.

http://www.neraca.co.id/article/98913/kerajinan-anyaman-daun-pandan 22 Mar (2018). Seorang perajin menganyam tikar tradisional Aceh berbahan baku daun pandan di Desa Matang Glem, Peureulak, Aceh Timur, Aceh, Kamis ...

Industri Kreatif Diharapkan Berbasis Budaya Lokal, http://www.jpnn.com/indek.php, accesses on mei 2018.

Morgan, H., Harkins, P., and Goldsmith, M. (Eds.). (2005). The Art and Practice of Leadership Coaching: 50 Top

Olivero, G., Bane, D. K., and Kopelman, R. E. (1997). "Executive Coaching as a Transfer of Training Tool: Effects on Productivity in a Public Agency." Public Personnel Management, 26(4), 461-469.

Palmweb. (2017). Palmweb: Palms of the World Online. Diakses di http://www.palmweb.org. pada tanggal 3 Mei 2017.

Suandi, Jasminarni, dan Trias Novita, Kerajinan Anyaman Pandan Kota Sungai Penuh Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Volume 31, Nomor 2 April – Juni 2016


Article Metrics

Abstract view : 236 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.