Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Keterampilan Produk Olahan Ikan Bandeng Di Kelurahan Anrong Appaka Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep

Marhawati Marhawati(1*), Sri Astuty(2), Nur Fauzan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i2.15761

Abstract


Kelurahan Anrong Appaka Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep memiliki jumlah penduduk 6.119 jiwa. Jumlah petani tambak sebanyak  220 orang yang mengelolah lahan tambak seluas 869,28 ha. Dengan lahan tambak yang luas, petani tambak memelihara dan memproduksiikan bandeng.  Namun demikian jika panen tiba, harga ikan bandeng merosot tajam. Tim pengabdian bermaksud memberikan penyuluhan dan pelatihan dalam diversifikasi olahan ikan bandeng kepada masyarakat utamanya ibu-ibu rumah tangga. Permasalahannya mereka hanya tahu mengolah ikan bandeng menjadi menu konsumsi sehari-hari, seperti ikan kuah, goring atau pun ikan bakar. Karena minimnya pengetahuan dan tidak adanya keterampilan dalam mengolah ikan bandeng dengan produk olahan yang memilki nilai gizi tinggi berupa nugget dan otak-otak. Metode yang dilakukan adalah demonstrasi dan peragaan melalui pelatihan, praktek dan pendampingan untuk meningkatkan ketrampilan masyarakat dalam menghasilkan produk olahan ikan bandeng.  Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan ikan bandeng sebagai tambahan pendapatan maupun tambahan gizi pada keluarga mereka

Full Text:

PDF

References


Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Pangkajene dan Kepulauan. (2018). LaporanTahunanDinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan 2018.Pangkajene dan Kepulauan

Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (2015). Bantuan Untuk Kelompok Pengolah dan Pemaar Hasil Perikanan. Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Jakarta.

Hafiludin, Perwitasari, Y. dan Budiarto, S. (2014). Analisis Kandungan gizi dan bau lumpur ikan bandeng dari lokasi yang berbeda. Jurnal Kelautan. Vol 7, No 1, hal: 33-44.

Senjaya, K. danMustamu, R.H. (2013). Pengolahan dan Pengembangan Usaha pada perusahaan pengolahan ikan bandeng di Sidoarjo. Agora. Vol.1, No.1.

Saparianto, C. (2009). Bandeng Tanpa Duri dan Cara Pengolahannya. Semarang: Dahara Prize.

Performance Report of the Ministry of Marine Affairs and Fisheries Year (2016). Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) , 1–57.

Widiarti. (2010). Warta Pasar Ikan. Edisi Januari 2010 Vol 77 Direktorat Pemasaran Dalam Negeri. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan.


Article Metrics

Abstract view : 276 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.