AMMA’PRENEURSHIP: Pemberdayaan Ibu PKK Melalui Pembudidayaan Jamur Tiram Putih menggunakan Media Tanam Ampas Tebu di Desa Balangtanaya

Tivannia Pricilla Narke(1*), A. Khaerul Anam Haeril(2), Abd. Khalik(3), Nur Indah Jaya(4), Nursan Kamaruddin(5), Zulfiki Hidayat(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i1.15717

Abstract


Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah untuk meningkatkan produktivitas dengan memberikan pengetahuan kepada kelompok ibu PKK mengenai manfaat pembudidayaan jamur tiram putih dan membuat produk buku pedoman pelaksanaan program “AMMA’PRENEURSHIP” dan video animasi cara pembudidayaan jamur tiram putih menggunakan media tanam ampas tebu di Desa Balangtanaya. Terdapat 2 metode pelaksanaan, yaitu tahap persiapan dan tahap implementasi pelaksanaan program. Hasil yang telah dicapai antara lain buku pedoman pelaksanaan program, video pelaksanaan program, dan pelaksanaan mitra secara mandiri.

Full Text:

PDF

References


Dharma, A. P., Meitiyani, Nisaa, R. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Ibu-Ibu PKK RT 05 dan 07 RW 07 Kelurahan Kalideres terhadap Kemampuan Budidaya Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus). IKRAITH-ABDIMAS. Vol. 2, No. 2. Halaman 1-4.

Ginting A. R., Herlina N., dan Tyasmoro S. Y. (2013). Studi Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleorotus ostreatus) pada Media Tumbuh Gergaji Kayu Sengon dan Bagas Tebu. Jurnal Produksi Tanaman. Vol. 1 No. 2. Halaman 17-24.

Hapida, Y. 2019. Pemanfaatan Ampas Tebu dalam Meningkatkan Pertumbuhan Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) di Kota Palembang dan Sumbangsihnya pada Mata Pelajaran Biologi di SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan. Vol. 5 No. I. Halaman 23-28.

Iqbal, Mandang T., Sembiring E. N., dan Chozin M. A. 2012. Aspek Teknologi dan Analisis Kelayakan Pengelolaan Serasah Tebu pada Perkebunan Tebu Lahan Kering. Jurnal Keteknikan Pertanian. Vol. 26 No. 1. Halaman 17-23.

Neville, F., Ardianto, R., Viktaria, V., Budihalim, V., dan Sari, I. J. 2018. Pengaruh Intensitas Cahaya dan Kadar Sukrosa terhadap Pertumbuhan Jamur Tiram di Tanggerang Selatan. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. Vol. 13 No. 2. Halaman 55-59.

Widyastuti, N. dan Istini, S. 2004. Optimasi Proses Pengeringan Tepung Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus). Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia. Vol.2 No.1. Halaman 1-4.


Article Metrics

Abstract view : 191 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.