Pengaruh Organisasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Iqra Buru (UNIQBU)

Irma Magfirah(1*), Siami Prafitriyani(2),

(1) Universitas Iqra Buru
(2) Universitas Iqra Buru
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9794

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi Universitas Iqra Buru (UNIQBU) Tahun Ajaran 2018/2019; (2) Untuk mengetahui pengaruh keaktifan dalam berorganisasi terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Iqra Buru (UNIQBU) Tahun Ajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang ikut organisasi pada BEM, HMJ, dan UKM tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 93 mahasiswa dengan menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat  pengaruh  keaktifan  mahasiswa dalam mengikuti organisasi (BEM, HMJ, UKM) terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Iqra Buru Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 23%.   Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terdapat pengaruh positif yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi rxy sebesar 0,015 dan koefisien determinasi r2sebesar 0,22 dan harga Fhitung sebesar 5,044 > 3,191 dengan (sign) = 0,027 < 0,05. Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi (BEM, HMJ, UKM) terhadap hasil belajar mahasiswa terbukti signifikan dengan nilai Sig 0,027 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan distribusi frekuensi kecenderungan keaktifan mahasiswa dalam  mengikuti  organisasi,  ditunjukkan  bahwa  keaktifan  mahasiswa yang dimiliki organisasi (BEM, HMJ, UKM) Universitas Iqra Buru berada dalam kategori tinggi yaitu 45,17%.


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Budi, Manfaat. 2010. Membumikan Matematika dari kampus Ke Kampung. Cirebon: Eduvision Publishing.

Choirudin, Faris. 2013. Motivasi Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi yang Mengikuti Ormawa yang Ditinjau dari Memiliki Pengalaman Menjadi Pengurus dan Tidak Memiliki Pengalaman Menjadi Pengurus OSIS di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Psikologi, Vol. 1, No. 1.

Julitriarsa, Djati. 1998. Manajemen Umum (Sebuah pengantar). Yogyakarta: BPFE.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Jakarta: Depdiknas Republik Indonesia.

Peraturan Akademik Universitas Iqra Buru. 2019. Namlea: UNIQBU.

Sudarman, Paryati. 2004. Belajar Efektif di Perguruan Tinggi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cet. 16. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rhinea Cipta.

Yunindra, Widyatmoko. 2014. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNY. Skripsi: FE-UNY.


Article Metrics

Abstract view : 592 times | PDF view : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Irma Magfirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats