Analisis Kebutuhan Materi Ajar Membaca BIPA A1 dengan Pendekatan Deduktif di SD D'Royal Moroco

Siti Ayu Ningsih(1*), Yumna Rasyid(2), Liliana Muliastuti(3),

(1) State University of Jakarta (UNJ)
(2) Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5974

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kebutuhan materi ajar membaca bagi siswa BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) tingkat A1 dengan pendekatan deduktif di Sekolah Dasar D’Royal Moroco Integrative Islamic School, dan 2) kondisi materi ajar membaca yang selama ini digunakan di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan merupakan tahapan eksplorasi dari penelitian pengembangan. Berdasarkan hasil observasi, analisis dokumen, wawancara, dan tes dapat dijabarkan bahwa sekolah tersebut belum memiliki silabus dan materi ajar khusus bagi para siswa BIPA. Sedangkan di sekolah tersebut memiliki cukup banyak siswa BIPA. Hal ini menjadikan pentingnya pengembangan materi ajar membaca BIPA tingkat A1 untuk segera dilakukan. Dalam pendekatan deduktif, materi ajar yang dikembangkan, harus memiliki urutan penyajian sebagai berikut: 1) kaidah pada bagian awal, 2) diikuti contoh-contoh relevan, dan 3) latihan yang memadai. Dalam kaitannya dengan penggunaan materi bagi siswa SD yang masih tergolong anak-anak, maka materi ajar yang dikembangkan juga harus memuat ilustrasi yang menarik.

Keywords


Analisis kebutuhan, materi ajar, membaca, BIPA A1, deduktif

Full Text:

PDF PDF

References


Brown, James Dean., (1995). The Elements of Language Curriculum: A Systematic Approach to Program Development (hal. 20, 139). Boston: Heinle&Heinle.

Darici, Alper., (2016). The Importance of Needs Analysis in Materials Development In M. Azernoosh et al., Issues in Materials Teaching (hal. 30). Rotterdam: Sense Publishers.

Hmedan, Heba Ali Amer & Nafi, Jamal Subhi Ismail., (2016). The Effect of Using Inductive and Deductive Methods on 7th Grade Students Achievement in Grammar in Bethlehem District and their Attitude toward EFL. International Journal of Education and Social Science, 3(9), 38-53.

Gall, Meredith D., & Borg, Walter R., (1983). Educational Research: An Introduction (hal. 569). New York: Longman.

Richards, Jack C., (2005). Curriculum Development in Language Teaching (hal. 51). New York: Cambridge University Press.

Riley, Jeni., (2006). Language and Literacy 3-7: Creative Approach to Teaching (hal. 233). London: SAGE Publication

Rivai, et. al., (2010). Pemetaan Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Asia. Retrived from http://km.ristek.go.id/assets/files/125Pendidikan/BIPAdiAsia /BIPAdiAsia.pdf.

Sagala, Syaiful., (2008). Konsep dan Makna Pemelajaran (hal. 76). Bandung: Alfabeta.

Sudiana, I Nyoman., (2007). Membaca (hal. 2). Malang: UM Press.

Tarigan, Henry Guntur., (1986). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa (hal. 135). Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 1224 times | PDF view : 289 times PDF view : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Siti Ayu Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats