Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pengalaman Bermakna saat Prakerin dengan Persepsi Karier di Bidang Teknologi Listrik pada Siswa SMK Kota Malang

Agnest Irda Hanifatin Nur Auliya(1*), Setiadi Cahyono Putro(2), Hari Putranto(3),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i1.24944

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan tingkat keterampilan berpikir kreatif (X1), pengalaman bermakna saat prakerin (X2) dan persepsi karir di bidang teknologi listrik (Y), (2) mengungkap signifikansi dan hubungan antara X1 dan Y; (3) mengungkap signifikansi dan hubungan antara X2 dan Y; (4) mengungkap signifikansi dan hubungan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional yang bersifat expost facto. Tingkat reliabilitas variabel X1, X2 dan Y secara berurutan adalah 0,919, 0,904, 0,914. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kota Malang sebanyak 97 responden. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) koefisien korelasi X1 dengan Y sebesar 0,413; (2) koefisien korelasi X2 dengan Y sebesar 0,343; dan (3) koefisien korelasi X1 dan X2 dengan Y sebesar 0,616. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) tingkat X1, X2 dan Y dalam kategori tinggi; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara X1 dan Y; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara X2 dan Y; dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y.

The purpose of this research is to understand: (1) describe the level of creative thinking skills (X1), meaningful experiences during internship (X2) and career perceptions in the field of electrical technology (Y), (2) reveal the significance and relationship between X1 and Y; (3) reveal the significance and relationship between X2 and Y; (4) revealing the significance and relationship simultaneously between X1 and X2 with Y. The research method used is a quantitative method with a descriptive correlational research design that is expost facto. The level of reliability of the variables X1, X2 and Y respectively are 0.919, 0.904, 0.914. The sample of this research is the students of class XII Electrical Engineering Expertise Program in Malang City as many as 97 respondents. The results of this research are: (1) the correlation coefficient between X1 and Y is 0.413; (2) the correlation coefficient between X2 and Y is 0.343; and (3) the correlation coefficient of X1 and X2 with Y is 0.616. The conclusions of this study are: (1) the level of X1, X2 and Y in the high category; (2) there is a positive and partially significant relationship between X1 and Y; (3) there is a positive and partially significant relationship between X2 and Y; and (4) there is a simultaneous positive and significant relationship between X1 and X2 with Y.


Full Text:

PDF

References


Alkhatib, O.J. (2019). A Framework for Implementing Higher-Order Thinking Skills (Problem-Solving, Critical Thinking, Creative Thinking, and Decision-Making) in Engineering & Humanities. Advances in Science and Engineering Technology International Conferences (ASET), 1 – 8 doi : 10.1109/ICASET.2019.8714232.

Amelia, F & Sojanah, J. (2019). Prakerin sebagai Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Siswa dalam Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1), 17-25.

Andarmoyo, S. (2012). Kebutuhan Dasar Manusia (Oksigenasi). Tangerang: Graha Ilmu.

Andriana, M. 2016. Hubungan Persepsi Terhadap Dunia Kerja dan Perilaku Praktekum dengan Kemandirian Menentukan Pilihan Setelah Lulus Sekolah pda Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Elektro di SMK Negeri Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.

Anisah, L. (2015). Model Layanan Informasi Karir dengan Teknik Field Trip untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMK di Kabupaten Demak. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1 (1), 1 – 10.

Alvonco, J. (2013). The Way of Thinking: Tingkatkan Cara Berpikir agar Lebih Kreatif, Rasional, dan Kritis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Desminta. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ghufron, N. & Rini, R.S. (2014). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Gladding, S.T. (2012). Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authenthic Learning. California: Corwin A Sage Comany.

Irwansyah, N. & Munasiah. (2018). Hubungan Antara Persepsi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi di SMA Tugu Ibu Depok. DEIKSIS, 10 (03), 280-290.

Jayanti, F & Arista. N. T. (2018). Persepsi Mahasiswa terhadap Pelayanan Perpustakaan Universtas Trunojoyo Madura. Kompetensi, 12 (2).

Mcgough, C.D., Orr, M.K., Kim, A.N., dan Benson L.C. (2018). Shift in Mid-Year Engineering Students’ Perceptions of Their Future Careers Over Time. IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), 1-7, doi: 10.1109/FIE.2018. 8659279.

Nifah, A. (2015). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Industri (Prakerin), Efikasi Diri, dan Kompetensi Akuntansi terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 2 Kota Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Pamungkas, A.J. (2016). Hubungan Layanan Bimbingan Konseling dan Kemandirian dengan Pengambilan Keputusan Karier Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rohde, J., Musselman, L., Benedict, B., Verdin, D., Godwin, A.,Kirn, A., Benson, L., dan Potvin, G. (2019). Design Experiences, Engineering Identity, and Belongingness in Early Career Electrical and Computer Engineering Student. IEEE Transactions On Education, 62 (3), 165-172. doi: 10.1109/TE.2019. 2913356.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanusi, M. L., dan Fernandez, D. (2019). Hubungan Praktek Kerja Industri (Prakerin) terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja bagi Siswa Kelas XII Kompetensi Kendaraan Ringan SMKN 1 Bukittinggi. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), 603-612.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Shaleh, A.R., & Wahab, M.A. (2015). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Siswati, S. (2019). Pengembangan Soft Skill dalam Kurikulum untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 17 (2).

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Solso, L.R., Maclin, O.H., & Maclin, M.K. (2017). Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulistyarini, E.P.D. (2012). Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Praktek Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogtakarta.

Tuty, D.W.N., Widiyanti, E., & Utami, B.W. (2017). Korelasi Faktor Pembentuk Persepsi dengan Persepsi Konsumen terhadap Media Pemasaran Online (www.goodplant.co.id). Journal of Sustainable Agriculture, 32 (2).

Wijayanti, L.N.E.R., Tri, A.S., dan Sukarnati. (2016). Kontribusi Pengetahuan Kewirausahaan, Pengalaman Prakerin, dan Kreativitas terhadap Kesiapan Berwirausaha. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (7), 1364-1375.

Winkel, W.S & Hastuti, M.S. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Media Abadi.


Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agnest Irda Hanifatin Nur Auliya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats