Media Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kesenian Tari Badui di Paguyuban Tunas Muda, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta
(1) UNIVERITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i1.23593
Abstract
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwasanya kegiatan kesenian Tari Badui yang ada di Dusun Malangrejo, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta adalah salah satu budaya yang bukan hanya sebagai pertunjukkan hiburan semata, akan tetapi pertunjukkan kesenian ini ternyata memiliki nilai-nilai Pendidikan karakter yang dapat dijadikan alat atau media dalam menanamkan nilai-nilai tersebut secara universal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif serta masuk ke dalam penelitian lapangan (field research), penelitian ini mengambil tempat di Dusun Malangrejo, Yogyakarta dimana desa ini termasuk salah satu desa budaya yang ada di wilayah Provinsi Yogyakarta. Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna pada data yang sudah dikumpulkan dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan jika kesenian Tari Badui memiliki Nilai-Nilai Pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya nilai religius, nilai saling menghormati, nilai menjaga diri, nilai keikhlasan, nilai tanggung jawab, nilai kedisiplinan, nilai sosial, nilai cinta tanah air, nilai kesopanan, nilai kemandirian dan nilai sosial.
From this study, it was found that the Badui dance art activities in Malangrejo, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta are on of the cultures that are not only entertainment shows, but this art show has character education values that can be used as tools or media in instilling these values universally. This research is a qualitative research and is included in field research, also take place in Malagrejo, Yogyakarta where this village is one of the cultural villages in the province of Yogyakarta Collecting data through observation, interviews and documentation. Data analysis is done by giving meaning to the data that has been collected and from that meaning conclusions can be drawn. the results of this study reveal that the art of Badui Dance has character education values which include religious values, sincerity values, values of resposibility, values of discipline, social values, values of love for the homeland values of decency, the value of independence and social value.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bustomi, S. (1992). Wawasan Seni Semarang. Ikip Semarang Press.
Daradjat, Z. (1995). Metodik Khusus Pengajaran Agama islam. Bumi Aksara.
Ghony, D. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.
Nanang Rizal. (2012). Kedudukan Seni Dalam Islam. Tsaqafa: Jurnal Kajian Seni Budaya Islam, 1(Juni).
Nisa Rafiatun. (2018). Nilai Pendidikan Islam Dalam Kesenian Tembang Macapat. Jurnal Millah: Jurnal Studi Agama, 17, 382.
Pamadhi, H. (2012). Pendidikan Seni (Hakikat, Kurikulum Pendidikan Seni, Habitus Seni dan Pengajaran Seni Untuk Anak). UNY Press.
Soleman. (1984). Struktur dan Proses Sosial. Rajawali.
The Liang Gie. (1996). Filsafat Seni Sebuah Pengantar. Pusat Belajar Ilmu Berguna.
Ulil Amri Syafri. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Alquran. Raja Grafindo Persada.
Article Metrics
Abstract view : 327 times | PDF view : 79 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Widha Nur Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : pembelajar@unm.ac.id
Contak HP: 085299149118 / 081342252446
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)