Teknik Deep Breathing Relaxation Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Saat Bimbingan Skripsi

Nurhidayah Usman(1*), Widyastuti Widyastuti(2), Ahmad Ridfah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i2.19411

Abstract


Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi seringkali mengalami kecemasan saat akan mengonsultasikan skripsi dengan dosen pembimbing, sehingga penting untuk dilakukan intervensi untuk menurunkan kecemasan mahasiswa agar tidakĀ  menghambat komunikasi dengan dosen pembimbing dan penyelesaian skripsi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas deep breathing relaxation untuk menurunkan tingkat kecemasan pada mahasiswa bimbingan skripsi. Partisipan dalam penelitian ini adalah empat orang mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNM yang sedang bimbingan skripsi. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu single case experimental design. Pelatihan dilakukan secara e-learning melalui aplikasi google meet. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kecemasan Bimbingan Skripsi yang disusun berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Calhoun & Acocella dengan nilai reliabilitas sebesar 0,944. Metode analisis yang digunakan adalah visual inspection; analisis kualitatif diperoleh berdasarkan wawancara dan daily record partisipan. Hasil analisis kuantitatif menggunakan grafik visual inspection menunjukkan adanya penurunan skor kecemasan partisipan sebelum dan sesudah pelatihan. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terjadi penurunan tingkat kecemasan pada partisipan sebelum dan sesudah. Teknik deep breathing relaxation efektif digunakan untuk menurunkan kecemasan mahasiswa bimbingan skripsi.

Keywords


bimbingan skripsi, deep breathing relaxation, kecemasan.

Full Text:

PDF

References


Calhoun, J. F., & Acocella, J. R. (1990). Psychology of adjusment human relationship (3th ed). New York: McGraw-Hill.

Ganesan, R., & Ganesan, V. (2010). Brief Techniques in Behaviour Technology. In R. Shyam, & S. R. Khan (Eds.), Psychology and Health Promotion. Global Vision Publishing House.

Hartoni, M. T. (2016). Kecemasan bimbingan skripsi dan problem solving pada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyash Malang.

Junaidi. (2016). Kecemasan mahasiswa dalam menghadapi skripsi. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Khusna, H. R. (2016). Kecemasan mahasiswa bimbingan dan konseling islam dalam menyelesaikan tugas akhir di fakultas dakwah dan komunikasi sunan kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nasuha, Widodo, D., & Widiani, E. (2016). Pengaruh teknik relaksasi nafas dalam terhadap tingkat kecemasan pada lansia di posyandu lansia rw IV dusun dempok desa Gading Kembar kecamatan Jabung kabupaten Malang. Nursing News, 1(2).

Nevid, J, S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi abnormal edisi ke-5. Terjemahan oleh Tim Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Nipa, N. (2017). Pengaruh latihan relaksasi napas dalam terhadap perubahan skor kecemasan pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialis di rumah sakit pendidikan Universitas Hasanuddin. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.

Paul, G., Elam, B., & Verhulust, SJ. (2007). A longitudinal study of students perception of using deep breathing meditation to reduce testing stresses. Teaching and Learning in Medicine, 19(3).

Perciavalle, V., Blandini, M., Fecarotta, P., Buscemi, A., Corrado, D. D., Bertolo, L., Fichera, F., & Coco, M. (2016). The role of deep breathing on stress. Neurological Sciences, 38(3). Doi: 10.1007/s10072-016-2790-8.

Pieter, H. Z., Janiwarti, B., & Saragih, N, M. (2011). Pengantar psikopatologi untuk keperawatan. Jakarta: KENCANA.

Rahayu, K. B. & Widyana, R. (2019). Efektivitas intervensi cognitive behavior therapy (CBT) untuk menurunkan perilaku marah pada anak sekolah dasar. Jurnal InSight, 21(2). doi: https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i2.666

Reber, A. S. & Reber, E. S. (2010). Kamus psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokawie, A. O. N., Sulastri, & Anita. (2017). Relaksasi nafas dalam menurunkan kecemasan pasien pre operasi bedah abdomen. Jurnal Kesehatan, 8(2).

Sabrianti, L. (2018). Efektivitas terapi menulis ekspresif dalam menurunkan kecemasan pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Skripsi. Makassar: Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Seaward, B. L. (1999). Managing stress: Principles and strategies for health and wellbwing(Web enhanced). Sudbury: Jones and Bartlett Pusblishers.

Sellakumar, G. K. (2015). Effect of slow deep breathing exercise to reduce anxiety among adolescent school students in a selected higher secondary school in coimbatore, India. Journal of Psychologcal and educational research, 23(1).

Todman, J.B., File, P., & Dugard, P. (2012). Single case and small-N experimental designs: A practical guide to randomized test. New York: Routledge.

Xiao Ma, Yue, Z., Gong, Z., Zhang, H., Duan, N., Shi, Y., Wei, G., & Li, Y. (2017). Effect of diaphragmatic breathing on attention, negative affect and stress in healthy adults. Frontiers in Psychology, 8(874), 1-12. doi: 10.3389/fpsyg.2017.00874.