Menanggulangi Dekadensi Moral Generasi Z Akibat Media Sosial Melalui Pendekatan Living Values Education (LVE)

leli patimah(1*), Yusuf Tri Herlambang(2),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i2.18359

Abstract


Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang informasi seperti media sosial menjadi problematika baru. Ketidaksiapan masyarakat khususnya generasi z  terhadap arus perkembangan tersebut menimbulkan distorsi perilaku, perbuatan serta akhlak seperti bullying, pergaulan bebas, pencurian, tawuran, miras dan narkoba, social media anxiety sampai pada kasus kematian akibat kekerasan. Hal tersebut merupakan gejala dari dekadensi moral yang banyak menyelimuti kalangan generasi z di Indonesia. Guna menanggulangi permasalahan tersebut living values education muncul sebagai salah satu pendekatan yang bisa digunakan oleh para pendidik, orangtua ataupun fasilitator yang bertujuan untuk meminimalisir dekadensi moral yang semakin hari semakin memprihatinkantan. Living values education menekankan pada pencarian makna hidup seseorang untuk lebih bernilai serta mengembangkan potensi agar menjadi manusia berkualitas dan menumbuhkan nilai – nilai kemanusiaan.

Keywords


Dekadensi Moral, Generasi Z, Media sosial, Living Values Education.

Full Text:

PDF

References


Association for Living Values Education International, 2020. http://livingvalues.net/vision-mission-aims (diakses tanggal 19 November 2020)

Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia, 2018. Penetrasi dan profil perilaku pengguna internet Indonesia. https://www.apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018. (Diakses tanggal 19 November 2020).

Herlambang, Y T. 2018. Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara

Iskarim, M. 2016. Dekadensi moral di kalangan pelajar (revitalisasi strategi PAI dalam menumbuhkan moralitas generasi bangsa). Edukasia islamika. Vol.1 (1). 1-19.

Mulyadi, B M dan Hasanah A. 2019. Kesenjangan karakteristik antar generasi dalam pendidikan di era revolusi industri 4.0. Project: Proseding. Vol.15. 86-98.

Pemerintah Indonesia. 2018. Keputusan menteri ketenagakerjaan republik Indonesia nomor 56 tahun 2018 tentang penetapan standar kompetensi kerja nasional Indonesia kategori informasi dan komunikasi golongan pokok aktivitas jasa informasi bidang pengoperasian komputer. Sekretariat Negara.

Putra, S P. 2016. Theoritical review: teori perbedaan generasi. Among makarti, Vol.9, (18). 123-132.

Salis, 2019. Pelaku Penganiayaan Terhadap Audrey Divonis Bersalah, Ibu Korban: Kasusnya Bukan Hoaks atau Prank. https://www.tribunnews.com/regional/2019/09/03/pelaku-penganiayaan-terhadap-audrey-divonis-bersalah-ibu-korban-kasusnya-bukan-hoaks-atau-prank?page=all. (Diakses tanggal 18 November 2020)

Scobanka E Z. 2016. The Z Generation. Acta technological dubnicae. Vol. 6, (2). 63-76

Setiawan, W. 2017. Era digital dan tantangannya. Seminar nasional pendidikan. 1-9

Susanti, I dan Handoyono P. 2015. Perilaku menyimpang dikalangan remaja pada masyarakat Karangmojo Plandaan Jombang. Paradigma. Vol.3, (2).

Wijaya, Y S dan Sudjimat A D. 2016. Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia si era global. Prosidar seminar nasional pendidikan matematika. Vol.1, (1). 263-277.

Wiyanto, 2020. Kebelet Beli Hp Baru Remaja Ini Dua Kali Bobol Rumah Tetangga. https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2020/05/31/196718/kebelet-beli-hp-baru-remaja-broken-home-dua-kali-bobol-rumah-tetangga. (Diakses tanggal 18 November 2020)


Article Metrics

Abstract view : 655 times | PDF view : 266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 leli patimah yusuf tri herlambang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats