Pengaruh Evaluasi Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Yadika 13 Dalam Masa Pandemi

Ananda Prasetyani(1*), Nabila Tiara Putri(2), Sry Retnayu(3), muhammad Azka Hambali(4), Hadid Maslahat(5), Rihan hanafia(6),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(5) Universitas Pendidikan Indonesia
(6) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i2.18251

Abstract


Ditemukan suatu virus yang dinamakan virus COVID-19 (Corona Virus Desease 2019) di kota Wuhan, China. Virus ini merupakan virus yang belum pernah ditemukan sebelumnya dan belum ditemukan pula penawarnya. Pemerintah memutuskan untuk menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) guna memutus rantai virus covid-19 yang dapat dengan mudah menyebar lewat kerumunan. diantara nya yang terkena dampak nyata dari pandemic covid-19 ini ialah sektor Pendidikan , Pendidikan Indonesia di pertengahan bulan maret mulai memberlakukan PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh) yang mengharuskan tiap guru atau pengajar dan siswa untuk tetap tinggal dirumah. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh SMK Yadika 13 Bekasi dilakukan dengan tes tulis yang berisikan kumpulan soal terdiri dari essay dan pilihan secara daring yang dilakukan di media yang dibuat oleh SMK Yadika 13 Bekasi yakni E-learning.  Penilitian ini menggunakan metode campuran yang merupakan gabungan antara metode kuantitatif dan juga metode kualitatif. Penggunakan metode campuran ini bertujuan agar bisa mendapatkan gambaran yang luas dari berbagai sudut pandang mengenai permasalahan yang sedang diteliti. Penilitian ini dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data yang dilakukan, diataranya adalah menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara.


Keywords


Covid-19, Penelitian, Pendidikan, evaluasi, daring.

Full Text:

PDF

References


Anas, Sudijono. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja. Grafindo Persada.

Aulia, S. (2020). Pembelajaran daring pada masa Pandemi. [Online]. Diakses dari : https://yoursay.suara.com/news/2020/07/20/175556/pembelajaran-daring-pada-masa-pandemi

Bramasta, D. (2020). Update Corona di Dunia 23 Desember: 78 Juta Kasus | Covid-19 Telah Mencapai Antartika!. Diakses dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/23/074500365/update-corona-di-dunia-23-desember--78-juta-kasus-covid-19-telah-mencapai?page=all

Cahyani, A & dkk. (2020). IQ (Ilmu Al-qur’an):Jurnal Pendidikan Islam : Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 3(1). 123-140. doi: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Drs. Zainal Arifin, Evaluasi pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), hlm. 16-20

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal,5(2),93-196.

Harmani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. [Online]. Diakses dari : https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Lahinta, A. (2012). Berbagai Model Inovasi Pembelajaran dengan dukungan Teknologi Informasi. Prosiding APTEKINDO, 6(1), 9-16.

Media Mahasiswa Indonesia.(2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran. [Online]. Diakses dari : https://mahasiswaindonesia.id/pentingnya-evaluasi-dalam-pembelajaran/

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana

Sardiman, AM. (2006). Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yunitasari, R. & Hanifah, U. (2020). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan : Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. 2(3), 232-243. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142


Article Metrics

Abstract view : 413 times | PDF view : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ananda Prasetyani, Nabila Tiara Putri, Sry Retnayu, muhammad Azka Hambali, Hadid Maslahat, Rihan hanafia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats