Kemampuan Problem Solving Pengalamatan IP Address Berbantuan Video Tutorial Pada Siswa SMK

Risky Febrianto(1*), Setiadi Cahyono Putro(2), Muladi Muladi(3),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i1.15271

Abstract


Penerapan model CPS dan PBL berbantuan video tutorial digunakan untuk mengevaluasi kemampuan problem solving pada materi pengalamatan IP address. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan problem solving materi pengalamatan IP address karena pengaruh model pembelajaran CPS berbantuan video tutorial, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan problem solving materi pengalamatan IP address karena pengaruh PBL berbantuan video tutorial, dan (3) untuk mengungkapkan signifikansi perbedaan kemampuan problem solving materi pengalamatan IP address karena pengaruh model pembelajaran CPS berbantuan video tutorial dibandingkan PBL berbantuan video tutorial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan desain pretest-posttest control group. Analisis data yang digunakan adalah uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah pengalamatan IP address model CPS berbantuan video tutorial memiliki rata-rata sebesar 75,9, (2) kemampuan pemecahan model masalah pengalamatan IP address PBL berbantuan video tutorial memiliki rata-rata sebesar 71,5, dan (3) nilai signifikansi yang diperoleh kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar 0,021

Full Text:

PDF

References


Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: Budi Utama.

Dostal, J. (2015). Theory of problem solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Journal of Science, Engineering, and Technology Education, (Online), 6(1):63-75, diakses 18 Desember 2018.

Juliarta, F. & Surya, E. 2017. Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi Matematika. Indonesian Journal of Biology Education, (Online), 10(2):51-64, diakses pada 17 Februari 2019.

Khoiriyah, A.J. & Husamah. 2018. Problem-Based Learning: Creative Thinking Skills, Problemsolving Skills, And Learning Outcome Of Seventh Grade Students. Indonesian Journal of Biology Education, (Online), 4(2):151-160, diakses pada 10 Desember 2018.

Majid, A. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miftachul. 2019. Perbedaan keaktifan dan hasil belajar animasi 2 dimensi karena pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dibandingkan Probing Prompting berbantuan video tutorial pada siswa SMKN 1 Beji Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Nafiah, Yuyun N. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengingkatkan Keterampilan Berpikir Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi , (Online), 4(1):125-141, diakses pada 7 Desember 2019.

Ngalimun. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja.

Popi, R. & Nurhidayati. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar (Studi Kasus Kelas X Smk Negeri 8 Padang). Jurnal Tabularasa Pps Unimed , (Online), 6(3):11-20, diakses pada 7 Desember 2018

Putra, Y.P. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Serta Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran, (Online), 4(2):73-80, diakses pada 15 Januari 2019.

Ratri, Wadya A K. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dibandingkan dengan model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Buku Digital pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Program Keahlian TKJ. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Rusman, 2017. Belajar Dan Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana.

Saefudin, A. & Berdiati, I. 2015. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Septiandi, R.D. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X TKJ Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Di SMK Muhammadiyah 5 Jember. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Siregar, S. 2013. Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif:dilengkapi dengnaperhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumiharsono, R & Hasanah, H. 2018. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.

Tung, K.Y. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta Barat: Indeks.

Yuliati, Y. & Lestari, I. 2019. Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Cakrawala Pendas. (Online), 5(1):32-39, diakses pada 10 Oktober 2020.

Zulyadaini. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMA. Jurnal Ilmiah DIKDAYA. (Online), 83-93, diakses pada 18 Juni 2020.


Article Metrics

Abstract view : 401 times | PDF view : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Risky Febrianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats