Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa di SD Negeri 1 Trusmi Wetan

Nur’aeni Nur’aeni(1), Aiman Faiz(2*), Fanny Septiany Rahayu(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(2) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(3) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i1.14975

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab adakah pengaruh pedagogik guru dalam mengembangkan keterampilan intelektual siswa. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaf survey yang dengan fokus penelitian pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap keterampilan intelektual siswa di kelas V SD Negeri 1 Trusmi Wetan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer adalah guru SD Negeri 1 Trusmi Wetan dan data sekunder siswa kelas V di SD Negeri 1 Trusmi Wetan. Secara umum, hasil penelitian ini pengaruh kompetensi pedagogik guru pada pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan intelektual siswa. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil uji hipotesis data variabel X (kompetensi pedagogik guru) terhadap keterampilan intelektual siswa menunjukan nilai t-hitung sebesar 2,548> t-tabel 1,724 dan besarnya pengaruh kompetensi pedagogik terhadap keterampilan intelektual adalah = 0,012 atau 12 %  sehingga dianggap signifikan karena 0,012< 0,05. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keterampilan intelektual pada siswa SD Negeri 1 Trusmi Wetan.


Keywords


Kompetensi Pedagogik, Ketermpilan Intelektual, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Alfianti, Windhi. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Nologaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017. IAIN Ponorogo.Skripsi.Tidak diterbitkan. Tersedia: [Online] http://etheses.iainponorogo.ac.id (20 Mei 2020).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi).Jakarta: Rineka Cipta.

Cholilurohman, Abdul Fatah. (2014). Korelasi Antara Tingkat Kecerdasan Intelegensi (IQ) Dengan Tingkat Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Di MA NU Nurul Huda Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. IAIN Walisongo Semarang.Skripsi.Tidak diterbitkan. Tersedia: [Online] http://eprints.walisongo.ac.id (30 Mei 2020).

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan .Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faiz, A. (2019). Program Pembiasaan Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal PGSD Volume 5 (2) Juli –Desember 2019. ISSN: 2088-8295 E-ISSN:2685-9742 Dapat diakses pada : https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadian, Vini Agustiani. (2009). Penerapan Metode Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Kewarganegaraan Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. Laporan Penelitian. Tidak Diterbitkan. Tersedia: [Online] http://eprints.uny.ac.id (20 Mei 2020).

Hastuti, Ulfah Rulli. (2019). Mengasah Kemampuan Intelektual Melalui Literasi Informasi Model Big 6TM : Integrasi dengan Pembelajaran Model Berpikir Induktif.Jurnal Perpustakaan. Perpustakaan IAIN Purwokerto. Tersedia: [Online] http://journal.uii.ac.id (30 Mei 2020).

Isnaniah. (2020). Membangun Keterampilan Bahasa Sebagai Potensi Utama Kecerdasan Intelektual Bagi Siswa Kelas Rendah. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya.UPTD SD Negeri 1 Liang Anggang. Tersedia: [online] http://jurnal.stkipbjm.ac.id (30 Mei 2020).

Mahmud. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Murni, Wahid, dkk. (2010). Keterampilan Dasar mengajar. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (http: google.com. Diakses 31 Mei 2020)

Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sadulloh, dkk. (2018). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, Masri. (2009). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.

Surakhmad, Winarno.(2005). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Usman, Moh Uzer. (2016). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yasin, A. Fatah. (2008). Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press


Article Metrics

Abstract view : 273 times | PDF view : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aiman Faiz Faiz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats