Peran Orang Tua dalam Membantu Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19

Mar'atus Sholikah(1*), Umi Hanifah(2),

(1) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
(2) UIN Sunan Ampel
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i1.14694

Abstract


Penelitian ini memberikan gambaran mengenai peran sentral orang tua dalam membantu belajar anak di masa pandemi covid-19. Pembelajaran di rumah tidak akan dapat berjalan efektif tanpa dukungan dan partisipasi aktif orang tua dalam membantu belajar anak. Penelitian ini bisa dijadikan pedoman bagi orang tua yang merasa kesulitan dalam membantu belajar anak di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Prosedur penelitian diawali dengan mengumpulkan sejumlah informasi yang relevan dengan masalah yang diteliti kemudian direduksi dan dianalisis sehingga mendapatkan kesimpulan yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membantu anak ada lima yaitu fasilisator, pendamping, guru atau pembimbing, motivator dan director atau pengarah. Kelima peran tersebut harus dijalankan orang tua dengan baik sehingga pembelajaran dari rumah memiliki keefektifan yang sama dengan pembelajaran di sekolah.


Keywords


Peran Orang Tua, Belajar Anak, Pandemi, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Ahsan, Fadhil, Rahmawati Nanda Y & Aldita F.N. (2020). Lawan Virus Corona : Studi Nutrisi untuk Kekebalan Tubuh. Jawa Timur : Airlangga University Press.

Ahsani, Eva Luthfi Fakhru. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfal, 3 (1), 143.

Arianti. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika, 11(1), 61.

Arnani, Melani. (2020). Penjelasan Soal Sifat, Bentuk dan Cara Virus Corona Menginfeksi Manusia. Kompas. Diakses melalui https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/22/083000665/penjelasan-soal-sifat-bentuk-dan-cara-virus-corona-menginfeksi-manusia?page=all.

Dini. (2020). 4 Gaya Belajar Anak dan Bagaimana Mengarahkannya. Diakses pada tanggal 23 Juli 2020 melalui https:// www.ibupedia.com/artikel/balita/gaya-belajar-anak-dan-bagaimana-mengarahkannya

Handayani, D., Hadi, D. W., Isbaniya, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Respirologi Indonesia 40(1), 122.

Hermawan, Iwan. Metode Penelitian Pendidikan : Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Metode. Jawa Barat : Hidayatul Qur’an Kuningan.

Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Kompas. Diakes melalui https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all

Kemendikbud (2020). Sikapi Covid-19, Kemendikbud Terbitkan Dua Surat Edaran. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses melalui : www.kemendikbud.go.id

Nareza, Meva. (2020). Tips agar Anak Tidak Bosan di Masa pandemi Covid-19. Diakes pada tanggal 24 Juli 2020 melalui https://www.alodokter.com/tips-agar-anak-tidak-bosan-di-rumah-selama-pandemi-covid-19

Redaksi. (2020). Kilas Balik Pandemi covid-19, 31 Desember 2019-31 Maret 2020. DARILAUT.ID. Diakses pada tanggal 13 juni 2020 melalui : https://darilaut.id/berita/kilas-balik-pandemi-covid-19-31-desember-2019-31-maret-2020

Rezkisari, Indra.(2020). Belajar dari Rumah, Kosep yang Ternyata tak Mudah. Diakses pada tanggal 1 Juli 2020 melalui https://m.republika.co.id/berita/q7ds30328/belajar-dari-rumah-konsep-yang-ternyata-tak-mudah

Rumbewas, Selfia S., Laka Beatus M., & Moekbun Naftali. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. EduMatSains, 2(2), 205.

I Made Indra P & Cahyaningrum, Ika. (2020). Cara Mudah Memahami Metode Penelitian. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19).

Taufiq, Ali. (2019). Perspektif tentang Perkembangan Sistem Jarak Jauh di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Pendidikan : Riset dan Konseptual, 3(2), 88.

Wahyuni, Yusri. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematikan Universitas Bung Hatta. JPPM,2(1), 130.

Wibowo, wahyu. (2011). Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara

Widayanti, Febi Dwi. (2020). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Erudio, 2(1), 10.

Winingsih, Edang. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2020 melalui https://poskita.co/2020/peran-orang-tua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh

Yuliana. (2020). Corona Virus Disease (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187.


Article Metrics

Abstract view : 1481 times | PDF view : 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mar'atus Sholikah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats