Peran Guru Dalam Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Permainan Fruits Monopoly pada Anak Usia Dini
(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(2) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(3) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.14330
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriana, D. (2013). Tumbuh kembang & terapi bermain pada anak. Jakarta: Salemba Medika.
Agustiya, F., Ali, S., dan Sri, H. (2017). Influence of CTL model by using monopoly game media to the student’s motivation and science learning outcomes. Journal of Primary Education. 6(2). 114-119. doi: 10.15294/JPE.V6I2.17559
Creswell, J. W. (2010). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed, edisi ketiga. (Terjemahan Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran permainan berhitung permulaan di taman kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Khan, R.I., & Yuliani, N. (2016). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan bowling kaleng. Universum, 10(1), 65-71.
Muijs, D., & Reynolds, D. (2008). Efective teaching. Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Musfiroh, T. (2008). Cerdas melalui bermain. Jakarta: Grassindo
Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2015). Metode pengembangan sosial emosional (Cet 7 Ed 1). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Noorlaila, I. (2010). Panduan lengkap mengajar paud. kreatif mendidik dan bermain bersama anak. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Siskawati, M., Pargito, dan Pujiati (2016). Pengembangan media pembelajaran monopoli untuk meningkatkan minat belajar geografi siswa. Jurnal Studi Sosial. 4(1), 72-80.
Subroto, A.G., Bekti, K., dan Djoko, L. (2016). Pemanfaatan media monopoli untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sugihwaras Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Florea. 3(2), 49-54.
Suitriani, W. (2016). Penerapan model pembelajaran make a match dan media monopoly games smart (mgs) pada materi sistem ekskresi manusia di MAN Meulaboh-1 Aceh Barat. (Skripsi). Universitas Islam negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Syaodih, E. (2005). Bimbingan di taman kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Tedjasaputra, M.S. (2001). Bermain, mainan dan permainan. Jakarta: PT. Grasindo.
Thiharso, A. (2013). Permainan kreatif dan edukatif untuk anak usia dini. Yogyakarta: Andi Omset.
Ulfa, K., & Rozalina, L. (2019). Pengembangan media pembelajaran monopoli pada materi sistem pencernaan di SMP. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 10-22. doi: 10.19109/bioilmi.v5i1.3753.
Article Metrics
Abstract view : 492 times | PDF view : 87 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yenny Dwi Astutik, Ridwan Ridwan, Hanggara Budi Utomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : pembelajar@unm.ac.id
Contak HP: 085299149118
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)