Hubungan Sosial Kognitif dan Life Skills Education terhadap Kemampuan Adaptasi Calon Guru pada Era Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Artina Tri Wistiawati(1*), Setiadi Cahyono Putro(2), Wahyu Sakti Gunawan Irianto(3),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.14291

Abstract


Era revolusi industri 4.0 menuntut calon guru untuk dapat beradaptasi dengan baik (Y) karena terjadinya arus perubahan jaman terutama untuk calon guru SMK. Oleh sebab itu Mahasiswa sebagai calon guru harus memiliki Life Skills Education (X2) dalam pelatihan softskill maupun hardskill. Selain itu dalam beradaptasi calon guru (Y) diperlukan kemampupan berbaur dengan orang lain atau sosial kognitif (X1) sehingga adaptasi dapat dilakukan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Deskripsi X1, X2, Y, (2) Hubungan X1 dengan Y, (3) Hubungan X2 dengan Y, (4) Hubungan X1 dan X2 dengan Y. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 84 siswa yang ditentukan dengan berpedoman pada teknik sampel jenuh. Variabel X1, X2 dan Y memiliki tingkat reliabilitas secara berurutan adalah 0.973, 0.985. dan 0.985. Secara Berurutan Nilai Sumbangan Efektif pada X1 dan X2 adalah 19.68% dan 50.05%. Secara Berurutan Nilai Sumbangan Relatif pada X1 dan X2 adalah 28.20% dan 71.80%. Kesimpulan hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) X1,X2, dan Y dalam kategori sedang; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y, X2 dan Y, dan X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Keywords


Sosial Kognitif; Life Skills Education; Kemampuan Adaptasi pada Era Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Alessandra, T., O’Connor, M. J., Dyke, J. V. 2010. Tips Mengenal dan Menghadapi Berbagai Tipe Kepribadian. Jakarta: Indeks.

Alfaiz., Hariko, R., Zulfikar., Suarja, S. 2017. Menerbitkan Buku Bunga Rampai Kumpulan Karya Dosen Seluruh Indonesia Bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu-ilmu Eksata. Dalam Cakti Indra Gunawan (Ed.). Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Psikosintesis dalam Membentuk Kepribadian (hlm. 1-24). Malang: CV. IRDH (Research & Publishing).

Amir, H. 2016. Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Beprestasi pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu. Manajer Pendidikan, 10 (4), 336-142. Dari https://sc holar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=KORELASI+PENGARUH+FAKTOR+EFIKASI+DIRI+DAN+MANAJEMEN+DIRI+TERHADAP+MOTIVASI+BERPRESTASI+PADA+MAHASISWA+PENDIDIKAN+KIMIA+UNVERSITAS+BENGKULU&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DEMKtTBoxlvEJ.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Army, D. N. R. 2017. Adaptasi Sosial Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan di Lingkungan Kampus-Fisip Universitas Airlangga. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: FISIP Universitas Airlangga.

Arsanti, T.A. 2009. Hubungan Antara Penetapan Tujuan, Self Efficacy dan Kinerja. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 16(2), 97-110. Dari https://scholar.google.co. id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Hubungan+Antara+Penetapan+Tujuan%2C+Self+Efficacy+dan+Kinerja&btnG=.

Astini, N.K.S. 2019. Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(1), 113-120. Dari https://stahnmpuku turan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/194.

Aziz, A. H. 2015. Peranan Kemampuan Bersosialisasi dan Beradaptasi Terhadap

Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FT UNY.

Baharun, H. 2017. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1-26. Dari http://ejournal.sti tmuhpacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/38. Drath, R., & Horch, A. 2014. Industrie 4.0: Hit or Hype? [Industry Forum]. IEEE Industrial Electronics Magazine, 8 (2), 56-58. Dari https://ieeexplore.ieee. org/abstract/document/6839101.

Fajri, H.N., Johar, R., & Ikhsan, M. 2016. Peningkatan Kemampuan Spasial dan Self Efficacy Siswa Melalui Model Discovery Learning Berbasis Multimedia. Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 180-196. Dari https://journal. unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/3752.

Feist, J., Gregory J. 2011. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Muhamika.

Firman. 2019. Strategi Pendekatan Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0, (Online), (10.31227/ osf.io/ud5 b7), diakses 11 Desember 2019.

Halaluddin & Wijaya, H. 2019. Pengembangan Kompetensi Pendidikan di Perguruan Tinggi dalam Menyosong Era Revolusi Industri 4.0, (Online), (10.31219/osf.io/3mbs4), diakses 12 Desember 2019.

Hallaby, S.F., & Hamama, S.F. 2017. Investigasi Masalah yang Dihadapi Mahasiswa Calon Guru Selama Praktik Mengajar di Sekolah pada Program Praktik Pengalaman Lapangan: Studi Kasus pada Mahasiswa FKIP Universitas Abulyatama. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA, 1(1), 85-94. Dari http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdi unaya/article/view/192.

Hendrowati, T. Y. 2015. Pembentukan Pengetahuan Lingkaran Melalui Pembelajaran Asimilasi dan Akomodasi Teori Konstruktivitas Piaget. Jurnal e-DuMath, 1 (1), 1-16. DOI https://doi.org/10.26638/je.78.2064.

Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. 2017. Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 1-9. DOI https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.14758.

Idrus, M. 2010. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga.

Juhji., & Rachman, M. S. 2015. Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Bagi Remaja Kurang Mampu. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 1 (2), 169-180. Dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/lbrmasy/ article/view/574.

Kadir, S. 2017. Konsep Life Skill Menurut Para Ahli dan Kementrian Pendidikan Nasional, (Online), (https://akarsejarah.wordpress.com/2017/09/03/ konsep -life-skill-menurut-para-ahli-dan-kementrian-pendidikan-nasional/), diakses 15 Desember 2019.

Kagermann, H., Lukas, W. D., & Wahlster, W. 2011. Industrie 4.0: Mit dem Internet der Dinge auf dem Weg zur 4 Industriellen Revolution, (Online), (http://www.vdinachrichten.com/Technik-Gesellschaft/Industrie-40Mit-Int ernet-Dinge-Weg-4-industriellen-Revolution), diakses 15 Desember 2019.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti Kata Revolusi, (Online), (https://kbbi.web.id/ revolusi), diakses 15 Desember 2019.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti Kata Industri, (Online), (https://kbbi.web.id/ industri), diakses 15 Desember 2019.

Khoiri, N., Hindarto, N., & Sulhadi. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Life Skill untuk Meningkatkan Minat Kewirausahaan Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7 (2), 84-88. DOI https://doi. org/10.15294/jpfi.v7i2.1077.

Komunikasi. 2016. Life Based Learning Mendekatkan Pembelajaran pada Kehidupan Nyata, (Online), (http://komunikasi.um.ac.id/2016/12/life-base d-learning-mendekatkan-pembelajaran-pada-kehidupan-nyata/), diakses 6 Januari 2020.

Kurniawan, R. 2011. Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Belajar Mahasiswa terhadap Kemandirian Belajar. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.

Lent, R.W., Brown, S.D., & Hacket, G. 1999. A Social Cognitive View of School-to-Work Transition. The Career Development Quarterly. Special Issue: School to Work Transition. American Counseling Association, 47(1), 297-311.

Maarop, A. H., & Embi, M. A. 2016. Implementation of Blended Learning in Higher Learning Institutions: A Review of the Literature. International Education Studies, 9 (3), 41-52. DOI 10.5539/ies.v9n3p41.

Marini, C.K., & Hamidah, S. 2014. Pengaruh Self Efficacy, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195-207. DOI https://doi.org/10.21 831/jpv.v4i2.2545.

Marwiyah, S. 2012. Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup. Jurnal Falasifa, 3 (1), 75-97. Dari https://s3.amazonaws.com/academia.edu.docu ments/35383158/5-syarifatul-marwiyah-konsep-pendidikan-berbasis-keca kapan-hidup.pdf?response-content-disposition=inline%3B%20filename%3 DSyarifatul_KONSEP_PENDIDIKAN_BERBASIS_KE.pdf&X-AmzAlg orithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential=AKIAIWOWYYG Z2Y53UL3A%2F20200120%2Fus-east-1%2Fs3%2Faws4_request&X-A mz-Date=20200120T073857Z&X-Amz-Expires=3600&XAmzSignedHea ders=host&X-Amz-Signature=d1f80a8355bd34e86cfd5902b55ebf370b24 9d83974ada4370f9cf0f83125953.

Meinarno, E. A. 2011. Manusia Dalam Kebudayaan Masyarakat. Jakarta: Salemba Humanika.

Minarti, E.D., & Nurfauziah, P. 2016. Pendekatan Konstruktivitisme dengan Model Pembelajaran Generatif Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis serta Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru di Kota Cimahi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 68-83. Dari http:// www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/629.

Mufanti, R. 2015. Penumbuhan Soft Skill Siswa dalam Proses Pembelajaran. (Online), (http://seminar.umpo.ac.id/index.php/semnasdik 2015/article/ viewFile/222/223), diakses 15 Desember 2019.

Mujahada, K. S. 2019. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 2 (2), 38-48. DOI https://doi.org/10.87868/saliha.v2i2.33.

Mukhadis, A. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Aditya Media Publishing.

Neolaka, A. 2016. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ni’mah, A., Tadjri, I., & Kurniawan, K. 2014. Hubungan antara Dukungan Sosial dan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi. Indonesian Journal of Guidance and Conseling, 3(1), 43-48. Dari https://journal.unnes.ac.id/sju/in dex .php/jbk/article/view/3752.

Noor, A.H. 2015. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) di Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. Jurnal Empowerment, 3 (1), 1-31. DOI https://doi.org/10.22460/empowerment.v4i1p1-31.553.

Nur, A. 2013. Peranan Pendekatan Academic Skill dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1), 1-7. DOI https://doi.org/10.26618/jpf.v1i1.183.

Nuryadi A., & Ginting, A.A. 2017. Self Control dan Self Efficacy Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Adiraga, 3(2), 34-42. Dari https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Se lf+Control+dan+Self+Efficacy+Mempengaruhi+Prokrastinasi+Akademik+pada+Mahasiswa&btnG=.

Prasetyo, H., & Sutopo, W. 2018. Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13 (1), 17-26. DOI https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26.

Primasari, R. 2016. Pengaruh Self-Efficacy toward Ajustment on Dormitory Students of Andalas University. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: FK Universitas Andalas.

Priyatno, D. 2014. SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi.

Putro, S.C. 2017. Muatan Social Cognitive untuk Memfasilitasi Pengembangan Kemampuan Adaptasi Calon Guru pada Kurikulum Prodi S1 PTE di LPTK. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: UM.

Putro, S. C., Elmunsyah, H., Putranto, H., & Nidhom, A. M. 2017. Pengaruh Aspek Sosial Psikologis Terhadap Kesiapan Menjadi Guru SMK di Jurusan TE FT UM. Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 40 (1), 59-68. DOI http://dx.doi.org/10.17977/um031v40i12017p059.

Risdianto, E. 2019. Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0, (Online), (https://www.researchgate.net/publication/332423142_ ANALISI S_PENDIDIKAN_INDONESIA_DI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40), diakses 15 Desember 2019.

Rosada, M. A. 2018. Hubungan Self Regulatory Learning, Personal Goal Setting, dan Persepsi terhadap Profesi Guru dengan Literasi menjadi Guru Kejuruan Teknologi pada Mahasiswa S1 PTE UM. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.

Ruliyanti, B.D., & Laksmiwati, H. 2014. Hubungan Antara Self-Efficacy dan Self-Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Matematika Siswa SMAN 2 Bangkalan. Jurnal Penelitian Psikologi, 3(2), 1-7. Dari https://jurnalmah asiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10976.

Sabna E., & Muhardi. 2016. Penerapan Data Mining untuk Memprediksi Prestasi Akademik Mahasiswa Berdasarkan Dosen, Motivasi, Kedisiplinan, Ekonomi, dan Hasil Belajar. Jurnal CoreIT, 2(2), 41-44. DOI http://dx.doi.o rg/10.24014/coreit.v2i2.2392.

Santia, I. 2016. Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Critical Lesson Study. Jurnal Pedagogia, 5 (2), 157-168. DOI https://doi. Org/10.21070/pedagogia.v5i2.247.

Santoso, S. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Santrock, J. W. 2008. Psikologi Pendidikan. Terjemahan Tri Wibowo. Jakarta: Kencana.

Salundung, J. 2010. Pengembangan dan Penerapan Logic Model pada Program Pembelajaran Penguatan Vocational Life Skills Berbasis Wirausaha. Jurnal Kependidikan, 40 (2), 137-156. DOI https://doi.org/10.21831/jk.v40i2.494.

Smith, S.M. 2002. Using the Social Cognitive Model to Explain Vocational Interest in Information Technology. Information Technology, Learning, and Performance Jurnal, (Online), 20(1), 1-8. Dari semanticscholar.org/paper/ Using-the-Social-Cognitive-Model-To-Explain-in-Smith/a7f44f42da2511e 57081881049cfa375da43e08f.

Sobari, T. 2012.Penerapan Teknik Siklus Belajar dalam Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah Berbasis Vokasional di SMK. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 17-41. DOI https://doi.org/ 10.22460/semantik.v1i1.p%25p.

Soyomukti, N. 2010. Pengantar Sosiologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. 2014. Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Sujarweni, W. 2015. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Tarsidi, D. 2010. Teori Social Cognitive Albert Bandura, (Online), (http://file.upi .edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195106011979031-DIDI _TARSIDI/Makalah%26Artikel_Tarsidi_PLB/TEORI_KOGNITIF_SOSIAL.pdf), diakses 20 Maret 2020.

Tung, K. Y. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.

Turley, S., Powers, K., & Nakai, K. 2006. Beginning Teachers Confidence Before and After Induction. Journal Action in Teacher Education, 28, 27-39. DOI https://doi.org/10.1080/01626620.2006.10463565.

UURI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UURI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Bandung: Fermana.

Wanto, A. 2011. Model Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) Bagi Remaja Panti Asuhan Al Hikmah Wonosari Ngaliyan Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Wijaya, I. P., & Pratitis, N. T. 2012. Efikasi diri akademik, dukungan sosial orang tua dan penyesuaian diri mahasiswa dalam perkuliahan. Jurnal Persona, 1 (1), 40-52. DOI https://doi.org/10.30996/persona.v1i1.14.

Winata, A. 2014. Adaptasi Sosial Mahasiswa Rantau dalam Mencapai Prestasi Akademik. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: FISIP Universitas Bengkulu.

Wulan, N. S. 2012. Hubungan antara Social Cognitive dan Penguasaan Keterampian dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja bagi Siswa pada Kompetensi Keahlian TKJ SMK di Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT Universitas Negeri Malang.

Wulandari, V., Koryati, D., & Fitriyanti. 2016. Pelaksanaan Pendidikan Life Skills dalam Program Wirausaha Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 3 (2), 175-182. Dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5569.

Yalina, N., & Rozas, I. N. 2018. Manajemen Layanan Teknologi Informasi: Tantangan dalam Kurikulum Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Riset Terapan, 3, 58-69. Dari http://eprosiding.poliban. ac.id/index.php/snrt/article/view/272.

Zhang, A. 2012. Peer Assessment of Softskills and Hard Skills. Journal of Information Technology Education: Research, 11(1), 155-168. Dari https:// www.learntechlib.org/p/111498/.


Article Metrics

Abstract view : 1095 times | PDF view : 323 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Artina Tri Wistiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats