Variasi Tugas dan Aktivitas Pembelajaran dalam Masa Pandemi Korona di SMK
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.14118
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi tugas dan aktivitas pembelajaran dalam masa pandemi korona. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menghasilkan data deskripsi berupa deskripsi variasi tugas dan aktivitas pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 9 Surakarta dalam masa pandemi korona, dampak, dan kendala dari variasi tugas dan aktivitas pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 9 Surakarta dalam masa pandemi korona bagi siswa dan guru. Pemeroleh data dengan metode wawancara dan observasi. Analisis data dalam studi ini menggunakan model interaktif. Analisis data dengan model interaktif dilakukan melalui tiga tahap yang meliputi: reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variasi tugas pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 9 Surakarta dalam masa pandemi korona bervariatif. Variasi tugas tersebut antara lain mencari sebuah puisi yang berkaitan dengan pademi corana di internet, pembacaan sebuah puisi, mecari drama di internet maupun menonton drama di YouTube, dan memrankan tokoh drama sesuai dengan karakernnya. (2) Aktivitas pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 9 Surakarta dalam masa pandemi korona sangat beragam. Aktivitas yang dilakukan siswa dengan guru yaitu dengan memanfaatkan media internet, YouTube, WhatsApp dan google classroom.
Full Text:
PDFReferences
Bilfaqih, Yusuf dan Qomarudin, M. Nur. 2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Butler Kaler, C. (2012), "A model of successful adaptation to online learning for college‐bound Native American high school students", Multicultural Education & Technology Journal, Vol. 6 No. 2, pp. 60-76. https://doi.org/10.1108/17504971211236245
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harususilo, Yohanes Enggar. (2020). 4 Ide Keren Belajar di Rumah bersama Guru dan Orangtua agar Siswa Tidak Stres.
https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/19/135618971/4-ide-keren-belajar-di-rumah-bersama-guru-dan-orangtua-agar-siswa-tidak?page=all.
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik cetakan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kasih, Ayunda Pininta. (2020). Guru, Ini Panduan Mengajar Jarak Jauh dari Sekolah Lawan Corona.
https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/23/175105071/guru-ini-panduan-mengajar-jarak-jauh-dari-sekolah-lawan-corona?page=all.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya
Prabowo, Hendro E. dkk. (2019). Kesesuaian Learning Management System (LMS) Schoology Sebagai Teknologi Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Era Generasi Z (Studi Kasus SMP IT Insan Cendekia Semarang), Edu Elektrika Journal 8(1), 46-50.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.
Sobron, dkk. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA, SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19).
Surat Edaran Kadisdikbud Jawa Tengah Nomor: 443.2/08991 tentang Pengaturan Pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah dan Kegiatan Belajar Mengajar pada SMA, SMK, dan SLB Provinsi Jawa Tengah Tahun Peljaran 2019/2020.
Susilana, R dan Cepi, R. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Syarifudin, Albitar Septian. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. METALINGUA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 31-34.
Wahid, Sirojudin dkk. (2018). Desain Pembelajaran Daring di SMK Ilman Nafi'Ah Cirebon sebagai Upaya untuk Mempersiapkan Siswa Menghadapi Ujian Berbasis Komputer, Jurnal EduMa, 7(2), 49 -62..
Article Metrics
Abstract view : 1391 times | PDF view : 126 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Muh Ali Barokah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : pembelajar@unm.ac.id
Contak HP: 085299149118
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)