Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019

Pebri Hastuti(1*), Roza Thohiri(2), Yanti Panggabean(3),

(1) Medan State University
(2) Medan State University
(3) Medan State University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.13559

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan e-module yang tepat sebagai media pembelajaran berbasis problem based learning untuk kelas X (2) mengetahui kelayakan e-module dengan berpedoman pada kriteria bahan ajar yang ditentukan oleh Depdiknas, (3) mengetahui hasil evaluasi siswa kelas X setelah menggunakan e-module bebasis problem based learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain/Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini meliputi 2 dosen ahli media, 1 dosen dan 1 guru mata pelajaran ahli materi, dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Objek penelitian ini berupa e-module pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-module meliputi lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, lembar penilaian kelayakan oleh ahli media, dan angket respon siswa terhadap penggunaan e-module. Hasil penelitian menunjukkan (1) e-module pembelajaran yang dikembangkan menjadi E-Module Konsep Manajemen Bebasis Problem Based Learning untuk siswa kelas X, (2) e-module yang dikembangkan dinyatakan layak dengan perolehan rata-rata skor oleh ahli materi sebesar 3,46, ahli media sebesar 3,19, dan oleh respon siswa sebesar 3,19 sehingga kelayakan e-module yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, (2) hasil evaluasi belajar siswa diperoleh persentase 85,71% pada kategori kriteria keberhasilan tinggi.

 

Kata Kunci: Pengembangan, E-Module, Problem Based Learning

 

 

 

ABSTRACT : This study aims to: (1) produce appropriate e-modules as problem based learning media for class X (2) determine the feasibility of e-modules by referring to the teaching material criteria specified by the Ministry of National Education, (3) knowing the evaluation results  Class X students after using the e-module based on problem based learning. This research is a type of research development of R&D (Research and Development) with reference to the ADDIE development model including Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The subjects of this study include 2 media expert lecturers, 1 lecturer and 1 subject matter expert teacher, and class X students of SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. The object of this study is the e-module learning instruments used to assess the feasibility of e-modules include the eligibility assessment sheet by material experts, the eligibility assessment sheet by media experts, and student questionnaire responses to the use of e-modules. The results showed (1) e-module learning developed into E-Module Concept Management Based On Problem Based Learning for class X students, (2) the e-module developed was declared to be feasible with the average score obtained by material experts at 3.46  , media experts amounted to 3.19, and by student responses amounted to 3.19 so that the feasibility of the developed e-module was included in the "Very Good" category, (2) the results of student learning evaluations obtained a percentage of 85.71% in the high success criteria category. 

 

Keywords: Development, E-Module, Problem Based Learning Activity

Keywords


Pengembangan, E-Module, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Darmawan, Deni. 2014. Teknologi dan informasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta : Gava Media

Dick, W. and Carey, L. (1990). The Systematic Design of Instruction. (Third ed.). United States of America : Harper Collins Publishers.

Dwiki, dkk. 2014. Pengembangan E-Modul Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 14/no.2/2014.

Evi, dkk. 2018. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 12/no.2/2018.

Cleary, M. (2019). 済無No Title No Title. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hastuti, P., Irianto, A., & Izzati, T. (2015). FACTORS THAT AFFECT LEARNING DIFFICULTIES OF SUBJECTS RELATED TO ECONOMICS FOR THE FIRST YEAR SENIOR HIGH SCHOOL IN THE BOARDING SCHOOLS , PADANG PANJANG – WEST SUMATERA May-June. 27(3), 2477–2479.

Hutasuhut, S., & Syahfitri, I. (2018). Jurnal Ekonomi Pendidikan Volume 7 : Nomor 5 Juni 2018 PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Jurnal Ekonomi Pendidikan Volume 7 : Nomor 5 Juni 2018 PENDAHULUAN Salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tertera dalam Undang Undang Da. 7, 1–8.

Nelvy, dkk. 2015. Pengembangan E-Module Ekonomi Pada Materi Uang Dan Perbankan Untuk Siswa Kelas X A SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 8/no.1/2015.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Komang, dkk. 2017. Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 14/no.1/2017.

Darmawan, Deni. 2014. Teknologi dan informasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta : Gava Media

Dick, W. and Carey, L. (1990). The Systematic Design of Instruction. (Third ed.). United States of America : Harper Collins Publishers.

Dwiki, dkk. 2014. Pengembangan E-Modul Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 14/no.2/2014.

Evi, dkk. 2018. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 12/no.2/2018.

Cleary, M. (2019). 済無No Title No Title. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hastuti, P., Irianto, A., & Izzati, T. (2015). FACTORS THAT AFFECT LEARNING DIFFICULTIES OF SUBJECTS RELATED TO ECONOMICS FOR THE FIRST YEAR SENIOR HIGH SCHOOL IN THE BOARDING SCHOOLS , PADANG PANJANG – WEST SUMATERA May-June. 27(3), 2477–2479.

Hutasuhut, S., & Syahfitri, I. (2018). Jurnal Ekonomi Pendidikan Volume 7 : Nomor 5 Juni 2018 PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Jurnal Ekonomi Pendidikan Volume 7 : Nomor 5 Juni 2018 PENDAHULUAN Salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tertera dalam Undang Undang Da. 7, 1–8.

Nelvy, dkk. 2015. Pengembangan E-Module Ekonomi Pada Materi Uang Dan Perbankan Untuk Siswa Kelas X A SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 8/no.1/2015.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Komang, dkk. 2017. Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 14/no.1/2017.


Article Metrics

Abstract view : 467 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pebri Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats