Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Pembelajaran dengan Pendekatan CTL

Wasti A. Neno(1), Farida Daniel(2*), Prida N. L. Taneo(3),

(1) STKIP Soe
(2) STKIP SOE
(3) STKIP SOE
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i1.12356

Abstract


Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Pemahaman konsep matematis bukan sekedar mengenal dan mengetahui suatu konsep, tetapi mampu mengungkapkan kembali konsep yang dipelajari dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti serta mampu mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah. Analisis hasil kerja siswa SMPN Satap Oeusapi menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penyebabnya adalah konsep matematika yang bersifat abstrak dan siswa kurang diberi kesempatan untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan diatas adalah menerapkan pembelajaran berpendekatan CTL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas dengan pembelajaran berpendekatan CTL dan kelas dengan pembelajaran tanpa berpendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif model quasi eksperimen yang dirancang dalam bentuk nonequivalent control group design  dengan melibatkan dua kelas penelitian yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah tes pemahaman konsep matematis berupa soal uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-sampel independen. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa pada kelas dengan pembelajaran berpendekatan CTL lebih baik dari kelas dengan pembelajaran tanpa berpendekatan CTL. Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran berpendekatan CTL berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor gain 0,6.

Keywords


pemahaman konsep matematis; pendekatan CTL

Full Text:

PDF

References


Fuadi, R, Johar, R, & Munzir, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47-54.

Harahap, T, H. (2013). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Nursanah Medan. Jurnal EduTech, 1(1), 5-19.

Murizal, Yarman dan Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19-23.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang kurikulum SMP.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 150-163.

Suherman, H. E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Suryanto A, dkk. (2011). Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.


Article Metrics

Abstract view : 391 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wasti A. Neno, Farida Daniel, Prida N. L. Taneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats